Praktik Cuci Tangan 6 Langkah

Selasa (08/01/2019) Dalam rangka persiapan Lomba Sekolah Sehat antar Sekolah Dasar, Puskesmas Sanden mengadakan penyuluhan kesehatan terkait Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, pembinaan dokter kecil dan makan buah bersama di SD Bonggalan Srigading Sanden.  Kegiatan ini diisi oleh Progamer Kesehatan Lingkungan, Promotor Kesehatan, UKS, beserta Progamer Gizi.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di lingkungan sekolah sangatlah penting, CTPS ini sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain atau berolah raga, setelah BAK atau BAB, setelah buang sampah serta setelah menyentuh hewan.

Kemudian untuk pengelolaan sampah sebaiknya dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah Organik merupakan barang yang sudah di anggap tidak terpakai dan di buang oleh pemilik /pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa di pakai atau di kelola dengan prosedur dan cara yang benar. Sedangkan sampah Anorganik yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam yang tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi atau dari proses industri.

Selain itu puskesmas Sanden juga melakukan pembinaan dokter kecil yang diwakili oleh 3 siswa-siswi SD Bonggalan. Semoga para dokter kecil bisa mewakili sekolah untuk maju ke tingkat Kabupaten maupun Provinsi bahkan Nasional. Salam Sehat !!! (and/01)

Progamer Kesling memberikan penyuluhan terkait pengelolaan sampah

 

Yummy !! Makan buah bersama-sama

 

Pembinaan Dokter Kecil oleh Progamer UKS

Categories: Uncategorized

sanden

Puskesmas Sanden beralamat di Pucang anom Murtigading Sanden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *