Salam sehat

Hari selasa tanggal 29 Oktober 2019, diadakan kelas ibu hamil di balai desa Murtigading Sanden.

Adapun yang memberikan materi di kelas ibu hamil ini yaitu petugas gizi puskesmas sanden dan bidan desa murtigading .

Pada kegiatan ini diberikan materi tentang ASI dan nutrisi untuk ibu hamil, serta pemberian PMT.

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini membuat Bunda lebih saksama dalam memilih asupan nutrisi agar kebutuhan ASI buah hati juga terpenuhi secara optimal. Selain mengonsumsi makanan protein untuk ibu menyusui, Bunda juga dapat mengonsumsi susu yang diformulasikan khusus unuk ibu menyusui sebagai penunjang produksi ASI.

Manfaat ASI bagi Pertumbuhan Bayi

Sebuah penelitian yang dilakukan Brown University Amerika Serikat, menunjukkan anak yang diberi ASI eksklusif memiliki tingkat perkembangan otak lebih tinggi. Ini dibandingkan dengan anak yang diberi susu formula eksklusif atau kombinasi ASI-susu formula.

Pertumbuhan paling menonjol terlihat pada bagian otak yang terkait dengan kemampuan bahasa, fungsi emosional, dan kesadaran. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil gambar otak melalui MRI.

Penelitian yang sama juga menunjukkan, bayi yang menyusu lebih dari 1 tahun memiliki perkembangan fungsi motorik lebih baik dibandingkan yang meyusu kurang dari 1 tahun. Hal ini semakin membuktikan ASI sangatlah penting bagi perkembangan kecerdasan serta motorik buah hati.

Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Anda di masa mendatang.

Kandungan nutrisi yang dibutuhkan di masa kehamilan yaitu protein, karbohidrat, kalsium, folat, zat besi dan vitamin.

Semoga dengan kelas ibu ini dapat memberikan pengetahuan untuk ibu hamil yang akan menjadi calon ibu.

Categories: Uncategorized

sanden

Puskesmas Sanden beralamat di Pucang anom Murtigading Sanden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *