SEMANGAT MENJARING SISWA LEWAT PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA dan DOKTER KECIL

Merupakan agenda tahunan, salah satu bagian program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah pembentukan kader kesehatan khususnya anak sekolah. Dalam hal ini Puskesmas Sedayu I telah melaksanakan program pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) dan pelatihan Dokter Kecil (dokcil), yang dilaksanakan tanggal 11 April 2013 (KKR) dan 13 April 2013 (dokcil). Kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik dengan bantuan dana BOK. KKR tahun ini di ikuti oleh 20 peserta, sedangkan untuk Dokcil diikuti oleh 24 siswa siswi dari berbagai sekolah dasar yang ada di wilayah kerja puskesmas. ‘Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah membekali siswa tentang kesehatan dasar dan terutama tentang kesehatan reproduksi remaja dan pola hidup bersih dan sehat untuk anak sekolah dasar’ ujar Mahanani Ajeng, Amd. Kep (koordinator UKS).


Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan berbagai  macam materi yang berkaitan dengan kesehatan dan lebih mengutamakan pada kesehatan remaja dan PHBS. Ada lima materi yang diberikan diantaranya;

  1. Penyakit menular, rokok, obat dan narkotika yang disampaikan oleh dr. Hari Dwi S.
  2. STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang disampaikan oleh Daryati Prihatin, S. Si.T
  3. P3K dan pengukuran Tanda-tanda Vital (TTV) yang disampaikan oleh Yacinta Dyah S, Amd.Kep
  4. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) yang disampaikan oleh dr. Annafsul

Khusus untuk Dokcil materi kesehatan reproduksi remaja diganti dengan materi jajanan sehat dan PHBS.

Penyampaian materi untuk KKR lebih ditekankan pada kesehatan reproduksi remaja termasuk penyakit menular seksual mengingat semakin meningkatnya kasus kehamilan yang terjadi pada remaja terutama pada usia sekolah SMP dan SMA. Peningkatan kasus tersebut dikarenakan banyak faktor diantaranya pengaruh media sosial spt internet, pergaulan bebas dan kurangnya pengetahuan remaja akan bahaya PMS dan kehamilan pada usia dini.

Finally,,,

Kegiatan ini bertujuan menciptakan kader kesehatan baik di sekolah dasar ataupun menengah agar mereka tau dan mau melaksanakan PBHS dan lebih mengantisipasi diri mereka dari pengaruh media yang dapat merusak kehidupan mereka dimasa mendatang.

ayoo remaja bangkitkan semangatmu jadi penerus bangsa yang patut dibanggakan.

Reported by: chun

Senam Yuuuuuuuukkkkk,,,,


Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) pegawai di beberapa Instansi dan Pamong Desa se kecamatan sedayu, di lapangan Balai Desa Argomulyo, Sedayu Bantul, Jum’at (7/12/2012).
Kegiatan tersebut dilakukan sebagi upaya menjaga kesehatan jasmani pegawai di beberapa Instansi dan Pamong Desa se Kecamatan Sedayu, juga sebagai sarana untuk saling bertukar informasi/koordinasi Lintas sektor. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali.
Acara tersebut diikuti oleh 125 orang dari berbagai instansi, seperti: Kecamatan Sedayu, Desa Argosari, Desa Argomulyo, Desa Argodadi, Desa Argorejo, Polsek sedayu, KUA Sedayu, Koramil Sedayu, BASARNAS Prop. DIY dan lain-lain.

saatuuk.. duaa.. haak.. kirii.. kanaan.. :p

ini neeeh pendinginannya dengan yogaa.. xixixi…

Hidup Sehat dengan Olahraga teratur… makasiiiih.. (Novi)

Kelenjar Keringat Berperan Penting Sembuhkan Luka Kulit

Jakarta, Kelenjar keringat berfungsi memproduksi cairan tubuh yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh, yang terkadang menimbulkan masalah bau badan jika produksi keringat terlalu berlebihan. Ternyata fungsi kelenjar keringat tidak hanya sebatas itu, bahkan berperan penting dalam penyembuhan luka pada kulit.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan Health System menyatakan bahwa kelenjar keringat berkontribusi terhadap penyembuhan luka pada kulit seperti goresan, luka bakar, dan borok. Kelenjar keringat juga memainkan peran kunci dalam menyediakan sel untuk memulihkan kulit. Continue reading