Evaluasi Strata Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan kunjungan sekolah di wilayah cakupan Puskesmas Sedayu 1, dengan menggunakan instrument penilaian strata UKS yang mencakup Trias UKS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2018 dengan sasaran seluruh Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1 yang mana keseluruhannya sejumlah 21 sekolah. Melalui kegiatan ini dilakukan pemantauan UKS baik secara fisik maupun dalam hal kegiatan di masing-masing sekolah. Rata-rata UKS di wilayah cakupan Puskesmas Sedayu 1 sudah termasuk dalam Strata Optimal.

  

Sekolah di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1 sebagian besar telah memiliki fasilitas UKS yang cukup memadai, seperti pojok/ruang UKS, peralatan kesehatan maupun P3K serta buku panduan UKS, buku rujukan dan poster kesehatan seperti Gizi, Bahaya Napza dan Rokok.

Begitu juga dengan kantin sekolah  yang mana menu makanan yang dijual sudah mencakup gizi seimbang untuk anak usia sekolah dan remaja. Selain itu kantin sudah dilengkapi dengan wastafel serta sabun untuk cuci tangan.

Kesehatan lingkungan di sekolah rata-rata sudah seluruhnya sesuai dengan standar yang diharapkan untuk sekolah. Seperti adanya pohon atau perindang, lapangan olahraga beserta fasilitasnya, terdapatnya tanaman obat keluarga (TOGA) dengan disertai label nama, perbandingan jumlah kamar mandi dengan jumlah siswa sesuai, serta tersedianya tempat sampah pada beberapa area seperti di depan masing-masing kelas.

Reported by : Key

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *