Gertak TB merupakan salah satu bentuk kegiatan puskesmas sedayu 1 dalam menemukan dan mengobati penderita TB lebih dini. Kegiatan ini merupakan salah satu tujuan dari program DB4MK plus yang mana penemuan dan pengobatan penderita TB menjadi sangat penting guna mengendalikan penularan dan kematian akibat TB.

Pada Hari Selasa, 15 Mei 2018 pukul 17.00 telah dilakukan kegiatan Gertak TB. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Dusun Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul dalam bentuk penyuluhan kesehatan mengenai Penyakit Tuberkulosis secara umum dan disertai dengan pembagian dan penjelasan pot sputum untuk mendeteksi ada tidaknya penderita TB di Dusun Watu. Acara dibuka oleh  petugas Promkes Khaniza Wuri Destara dilanjutkan sambutan dari Kepala Dusun Watu Bapak Nadar dan penyuluhan diisi oleh dr.Henny Cloridina. Warga yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 20 orang dengan masing2 berasal dari 9 RT yg ada di Ds. Watu.

Warga mengikuti kegiatan ini dengan antusias, dan sebanyak 20 pot sputum telah dibagikan pada warga dari seluruh RT di DS. Watu.

Melalui kegiatan sederhana ini harapannya dapat segera ditemukan dan dilakukan pengobatan bagi penderita TB yg ada di wilayah Kecamatan Sedayu.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *