Salah satu kegiatan rutin tahunan di Puskesmas Sedayu 1 adalah pelaksanaan Skrining Kesehatan di Sekolah. Bulan lalu yaitu di bulan Agustus sudah dilaksanakan skrining dan BIAS pada siswa/i di tingkat Sekolah Dasar. Untuk bulan ini Tim Skrining dari programer UKS melanjutkan tugasnya untuk melaksanakanĀ  Skrining Kesehatan di SMP/SMA wilayah kerja Sedayu 1. Terdapat sekitar 3 SMP dan 6 SMA dengan jumlah siswanya yang bervariasi.

 

Tim Skrining beraggotakan dokter, perawat, perawat gigi, dan petugas lab. Skrining kesehatan yang dilakukan berupa TesĀ  Buta Warna, Tes Tajam Penglihatan, Pemeriksaan Fisik, pemeriksaan gigi dan pemeriksaan PTM. Hasil dari kegiatan skrining diserahkan kembali ke sekolah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi siswa/i yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Kasus yang banyak dijumpai adalah dalam hal tajam penglihatan. Setiap kelas hampir selalu ada yang dirujuk karena tajam penglihatannya berkurang. Sehingga perlu alat bantu kaca mata.

Tidak hanya terkait mata, namun tim skrining jg menjumpai adanya siswa/i yang memiliki Tekanan Darah Tinggi, Gula Darah Tinggi dan bahkan Kolesterol Tinggi. Temuan ini menjadi evaluasi untuk peserta skrining, yang mana hal ini dapat terjadi karena faktor genetik atau mungkin gaya hidup.

By : key (Agustus 2018)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *