Pada hari Selasa, 19 Maret 2019 telah dilakukan penyuluhan bagi ibu hamil beresiko tinggi yang berada di wilayah Puskesmas Sedayu 1. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan Puskesmas Sedayu 1 untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Sebanyak 16 ibu hamil berisiko tinggi hadir di kegiatan ini.

Materi mengenai kehamilan resiko tinggi disampaikan oleh Ibu Endah Nur Bekti selaku bidan Puskesmas Sedayu 1.  Salah satu poin yang dibahas dalam pemaparan materi yaitu mengenai hal-hal yang menjadi faktor resiko ibu hamil antara lain usia ibu terlalu muda, usia ibu terlalu tua, ibu terlalu banyak anak (lebih dari 4), tinggi ibu kurang dari 145 cm, kadar HB ibu rendah, lila ibu kurang dari 23,5 cm (bumil kek), dan ibu hamil memiliki riwayat penyakit tertentu (KB, asma, hipertensi, diabetes,dll). Selain mendapatkan penyuluhan, ibu hamil yang datang pada kegiatan tersebut juga mendapatkan layanan usg gratis.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu para ibu dalam menjalani kehamilan dan mempersiapkan kelahiran yang sehat dan selamat. Sehingga dapat mengurangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan baik selama masa kelahiran ataupun pada proses kelahiran. (ID)

 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *