Hari Rabu, 20 Maret 2019 bertempat di aula Puskesmas Sedayu 1 telah dilaksanakan kegiatan kegiatan penyuluhan dan pelatihan kader ukk (upaya kesehatan kerja) yang dihadiri oleh 20 orang perwakilan dari 3 kelompok kerja yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1. Kelompok kerja tersebut terdiri dari PT Lentera Merah, Omah Jamu Jati Husada Mulya dan kelompok kerja sangkar burung.

Acara diawali dengan pembukaan dan doa bersama yang dipandu oleh pembawa acara. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi pertama tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) oleh dr. Henny Cloridina. Kesehatan dan keselamatan kerja harus diperhatikan karena dapat menyebabkan kerugian baik secara materi maupun non materi. Setelah pemaparan materi K3 selesai dilanjutkan tanya jawab dan diskusi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan untuk melindungi diri di tempat kerja.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan hasil kunjungan tim promkes Puskesmas Sedayu 1 mengenai kegiatan pos UKK di Puskesmas Bantul 2. Materi disampaikan oleh Purno Kartika, A.Md. Kep. Tujuan disampaikannya hasil kunjungan tersebut yaitu agar para kader memiliki gambaran mengenai bagaimana kegiatan pos ukk di tempat  lain sehingga dapat membandingkan dan memiliki ide atau usulan inovasi terkait pelaksanaan dan keberjalanan pos ukk di tempat kerja masing-masing. Setelah pemaparan selesai dilanjutkan dengan diskusi terkait rencana tindak lanjut pos ukk yang ada di 3 tempat kerja tersebut. Harapannya dengan adanya pos ukk ini, kesehatan para pegawai menjadi lebih terjaga keselamatannya dalam bekerja dan dapat dipantau status kesehatannya. (ID)

 

 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *