Bulan Juli merupakan bulan penyelenggaraan penyuluhan ABAT dan HIV/AIDS di sekolah-sekolah karena bertepatan dengan  masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Kegiatan penyuluhan dilakukan di lima sekolah yang terdiri dari 3 sekolah menengah atas (SMA) dan 2 sekolah menengah pertama (SMP) yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 18 Juli 2019.

Penyuluhan yang rutin dilaksanakan setiap semester ini berisi materi mengenai kesehatan reproduksi yang meliputi cara merawat organ reproduksi, risiko hamil usia dini, dan risiko penyakit yang terjadi akibat seks bebas. Selain itu juga disampaikan mengenai pengertian HIV, cara penularan, tanda dan gejala HIV, pengertian AIDS serta cara pencegahan HIV.

Pada hari Senin, 15 Juli 2019 penyuluhan dilakukan di SMK N 1 Sedayu dengan pemateri dr. Henny Cloridina. Sedangkan pada hari Selasa, 16 Juli 2019 penyuluhan dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMP N 1 Sedayu dengan pemateri Supriyanti, A.Md. Keb dan Daryati P ,S.ST serta SMP Pangudi Luhur Sedayu dengan pemateri Inggrid Dwi K, SKM dan Yasinta Cahyaningtyas, A.Md.KL.  Penyuluhan di SMA N 1 Sedayu dengan pemateri dr. Henny Cloridina dan di SMA Pangudi Luhur dengan pemateri dr. Sistia dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019.

dr. Sistia Utami, selaku Kepala Puskesmas Sedayu 1 pada saat menyampaikan materi di SMA Pangudi Luhur menyatakan, pentingnya pengetahuan tentang kespro pada remaja khususnya mengenai perawatan organ intim. Diharapkan siswa dapat bersikap dan berperilaku sehat sehingga dapat belajar dengan baik di sekolah dan kelak bisa menjadi orang dewasa yang sehat, memiliki keturunan yang sehat dan kehidupan berkualitas.

Sebelum dan sesudah penyampaian materi, siswa diwajibkan menjawab beberapa soal sebagai bahan evaluasi pengetahuan sebelum dan pasca kegiatan penyuluhan ABAT. Selain itu, diakhir kegiatan siswa diminta untuk berkomitmen untuk memanfaatkan masa muda mereka dengan hal-hal yang positif demi mencapai cita-cita mereka. (ID)

Sesi tanya jawab di SMA N 1 Sedayu
Penyuluhan ABAT di SMP N 1 Sedayu
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *