Hari Rabu, 24 Juli 2019 dilaksanakan Pelatihan Kadarzi (Keluarga Sadar Gizi) yang bertempat di aula Puskesmas Sedayu 1. Pelatihan diikuti oleh perwakilan kader dari seluruh posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1. Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) adalah   suatu   keluarga   yang   mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggotanya. Suatu keluarga disebut KADARZI apabila telah berperilaku gizi yang baik yang dinilai dari indikator Kadarzi.

Saat memberikan sambutan di awal kegiatan, Alim Muhtar, SKM yang mewakili Kepala Puskesmas Sedayu 1 mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk memantapkan kemauan dan kemampuan keluarga dalam melaksanakan perilaku gizi yang baik. Sehingga diharapkan  kedepannya, para kader dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas.

Penyampaian materi pertama oleh Nanik S

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu tentang indikator Kadarzi yang meliputi menimbang berat badan secara teratur setiap bulan,  ASI eksklusif, makan beraneka ragam makanan, penggunaan garam beryodium, , suplemen zat gizi (vit a dan zat besi) dan juga ditambahkan materi mengenai pembiasaan sarapan pagi. Narasumber pada pelatihan  ini yaitu Nanik Sri Suparyanti dan juga Devi Aryanti. Pada kegiatan ini juga dibagikan vitamin A dan larutan yodina untuk cek kandungan yodium pada garam kepada masing-masing posyandu. (ID)

Pemaparan Materi Kedua oleh Devi A
Antusiasme Peserta Pelatihan
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *