Dalam rangka menjaga kesehatan siswa sekolah, tim Puskesmas Sedayu 1 melakukan kegiatan penjaringan kesehatan bagi siswa baru di sekolah-sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1. Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Pada Bulan Agustus ini, target sekolah yang dikunjungi untuk dilakukan penjaringan kesehatan yaitu seluruh sekolah dasar (SD) di wilayah kerja Puskesmas Sedayu 1 yang berjumlah 12 SD dan 1 SLB. Pelaksanaan penjaringan kesehatan untuk siswa SD di wilayah kerja Puskesmas Sedayu I dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus – 22 Agustus 2019.

Pemeriksaan Kesehatan Telinga

Menurut drg. Reni selaku programer UKS, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui status kesehatan siswa yang baru masuk sehingga bisa diketahui ada tidaknya masalah yang ada dalam fisik peserta didik sehingga tidak mengganggu proses belajar. Selain itu karena bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekola (BIAS) maka juga dilakukan imunisasi untuk siswa kelas 1 dan kelas 5.

Kampanye Sikat Gigi Massal
Pengecekan Garam Beryodium

Selain penjaringan kesehatan, bagi siswa kelas 1 juga dilakukan kegiatan sikat gigi massal dan imunisasi campak. Selain penjaringan kesehatan bagi siswa baru kelas 1, juga dilakukan kegiatan pemeriksaan gigi, pemeriksaan garam beryodium dan imunisasi Td bagi siswa kelas 5 SD. Kegiatan penjaringan kesehatan dan kegiatan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sedayu I yang terdiri dari 5-6 orang dalam 1 timnya. Sebelumnya dari pihak Puskesmas juga sudah memberikan formulir mental emosional yang harus diisi orang tua siswa dan dikumpulkan pada saat penjaringan kesehatan. (ID)

Pengecekan Kesehatan Gigi dan Mulut
Imunisasi untuk Siswa Kelas 5
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *