Sabtu, 31 Agustus 2019 bertempat di Pondok Pesantren Ummul Muta’alimin Puskesmas Sedayu 1 mengadakan kegiatan penyuluhan dan pembinaan kesehatan bagi warga pesantren. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memotivasi dan meningkatkan kesadaran para santri dalam menjaga kesehatan diri khususnya agar para santri selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

Pada kegiatan ini, para santri juga diberi gambaran mengenai pos kesehatan pesantren (Poskestren). Tujuannya yaitu agar para santri mengetahui pengertian dari poskestren, tujuan adanya poskestren dan manfaat dari poskestren. Harapan untuk ke depannya yaitu dapat terbentuk poskestren di Pesantren Umul Muta’alimin secara mandiri sehingga kesehatan para santri dapat terpantau minimal di buku catatan kesehatan poskestren.

Diskusi Kesehatan

Pada kesempatan sore itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana bagi para santri meliputi pemeriksaan tajam penglihatan, pendengaran, pengukuran tekanan darah dan tinggi badan serta penimbangan berat badan yang dibantu oleh mahasiswa koas kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Santri yang hasil kesehatannya kurang baik kemudian dirujuk ke Puskesmas Sedayu 1 untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas. Harapannya, dengan dilakukan screening kesehatan ini apabila ditemukan masalah dapat diatasi sedini mungkin. (ID)

Pemeriksaan Santri Putri
Pemeriksaan Pemeriksaan Mata
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *