Hari Sabtu, tanggal 14 September 2019, Puskesmas Sedayu 1 menyelenggarakan kegiatan seminar kehamilan yang dilaksanakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kegiatan ini memiliki dua tema besar yaitu “Menjalani Kehamilan yang Aman dan Menyenangkan” sebagai tema yang pertama serta “Perubahan Psikologis Dalam Kehamilan” untuk tema yang kedua.  Sedangkan sub tema yang dipilih yaitu “ Peran Suami Dalam Menghadapi Kegawatdaruratan Kehamilan Dan Persalinan”. Acara ini bukan hanya mengundang para ibu hamil yang tinggal di Desa Argosari dan Desa Argomulyo saja namun juga beserta para suami.

dr. Sistia Utami selaku Kepala Puskesmas Sedayu 1 dalam sambutannya mengucapkan terima kasih  dan mengapresiasi para ibu hamil dan suami yang telah hadir pada hari itu. Harapannya, dengan diundangnya suami ke kegiatan ini  akan membuat para suami semakin sadar perannya dalam mendukung kehamilan sang istri.

Drs. Sarjiman selaku Camat Sedayu, yang turut hadir di kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena memfasilitasi para ibu hamil dan suami untuk belajar bersama mengenai kehamilan. “Ibu dan bapak yang hadir pada kesempatan ini sangat beruntung karena bisa mendapatkan ilmu dari pakarnya dengan cuma-cuma. Saya berharap bapak dan ibu sekalian dapat mendenarkan secara sungguh-sungguh materi yang disampaikan. Sehingga sepulangnya dari sini bisa membawa banyak ilmu baru dalam menghadapi kehamilan dan persiapan persalinan”.

Narasumber pada kegiatan hari itu adalah dr. Risanto S.SpOG (K) yang merupakan dokter spesialis obgyn RSUP Dr. Sardjito dan Rina Eko W, S.Psi yang menyampaikan mengenai kehamilan dari sisi psikologis.

Dalam salah satu paparannya, dr. Risanto menyampaikan bahwa ada ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai sebelum dan selama kehamilan yaitu anemia, kurang gizi kronik, kencing manis, penyakit jantung, penyakit tiroid (gondok), dan malaria. Selain itu juga disebutkan beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil yaitu berdiri terlalu lama, melakukan perjalanan jauh, menggunakan sepatu berhak tinggi dan berkendara sendiri.

Saat hamil, seorang ibu akan mengalami perubahan psikologis. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, yaitu faktor fisiologis, faktor psikologis dan faktor sosial. Untuk faktor fisiologis dipengaruhi oleh perubahan jumlah hormon dan rasa tidak nyaman karena perubahan postur tubuh. Sedangkan untuk faktor psikologis dipengaruhi oleh kepribadian, cara pengelolaan stres dan gaya penyelesaian masalah. Terakhir yaitu faktor sosial yang meliputi peran suami dan dukungan keluarga/lingkungan. Diakhir paparannya , Rina Eko W, S.Psi juga menyampaikan rekomendasi yang bisa dilakukan suami dalam menghadapi perubahan psikologis istri yang sedang hamil yaitu amati, dengarkan dan beri dukungan.

  • Amati
  • Perhatikan perubahan emosi dan perilaku pasangan
  • Dengarkan
  • Tanyakan apa yang ia pikirkan dan rasakan
  • Berlatihlah untuk MENDENGARKAN pasangan
  • Diskusikan langkah yang akan diambil 
  • Dukungan
  • Melakukan pekerjaan rumah tangga
  • Membantu melakukan hal-hal kecil seperti memotong kuku kaki (terutama ketika kehamilan ada pada trimester ketiga)
  • Mendampingi periksa rutin
  • Menyiapkan bekal cukup nutrisi untuk ibu dan janin

Harapan adanya kegiatan seminar sehari ini yaitu agar pengetahuan ibu hamil dan suami meningkat sehingga dapat menghadapi kehamilan dengan nyaman serta bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (ID)

Sambutan Camat Sedayu
Pemaparan Narasumber Rina Eko W, S.Psi
Foto Bersama Peserta Seminar
Pemaparan dari dr. Risanto S.SpOG (K)
Peserta Seminar Antusias Mendengar Materi
Pemberian Doorprize
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *