Sebagai salah satu kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019, Puskesmas Sedayu 1 mengadakan kegiatan Orientasi Germas Anak Sekolah yang dikemas dalam kegiatan lomba untuk anak sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin tanggal 21 Oktober 2019 bertempat di Museum HM Soeharto Kemusuk Lor.

Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat demi terwujudnya masyarakat yang berperilaku sehat agar hidup menjadi berkualitas. Maka dari itu, Puskesmas Sedayu 1 berusaha mengenalkan germas kepada anak sekolah dengan cara yan berbeda yaitu melalui lomba bagi siswa SD sampai SMA yang bertema germas. Lomba yang dilaksanakan terbagi menjadi 2 yaitu lomba penyuluhan untuk tingkat SMA dan lomba menggambar untuk murid tingkat SMP dan SD. Tema yang diangkat pada kegiatan lomba ini yaitu Germas PAK CAMAT. Germas PAK CAMAT sendiri merupakan singkatan dari beberapa kegiatan yang termasuk dalam gerakan masyarakat hidup sehat.

  1. Periksa Kesehatan Berkala minimal 6 bulan sekali
  2. Aktivitas Fisik Rutin setiap hari minimal 30 menit
  3. Kelola Gula, Garam, dan Lemak
  4. Cuci Tangan Pakai Sabun
  5. Air Bening minimal 8 gelas sehari
  6. Makan Sayur dan Buah setiap hari
  7. Atasi Stres
  8. Taruh Sampah pada Tempatnya

Animo dari sekolah yang berada di wilayah Puskesmas Sedayu 1 untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba cukup tinggi. Dibuktikan dengan keikutsertaan peserta lomba yang mencapai lebih dari 90% dari target awal.

Kegiatan diawali dengan pembukaan pada pukul 09.00 lalu dilanjutkan dengan sambutan dari dr. Sistia Utami selaku Kepala Puskesmas Sedayu 1 dan sambutan dari Ibu Sri Sudewi selaku Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kabupaten Bantul. Selanjutnya sebelum pelaksanaan lomba, para siswa diajak untuk melakukan ice breaking terlebih dahulu. Durasi pelaksanaan lomba menggambar untuk siswa SD dan SMP yaitu 2,5 jam sedangkan untuk lomba penyuluhan masing-masing peserta diberi waktu 10 menit untuk tampil. Pada sesi jeda menunggu hasil perlombaan, para siswa diajak untuk bermain games untuk lebih mengenal germas dan pembagian doorprize. Harapannya, setelah pelaksanaan kegiatan ini para siswa yang merupakan calon generasi penerus bangsa menjadi lebih peduli terhadap kesehatan. Baik kesehatan diri sendiri, keluarga/orang-orang terdekat mereka dan masyarakat.

Pengumuman juara lomba langsung diumumkan pada hari tersebut dengan hasil sebagai berikut :

Juara Lomba Penyuluhan (SMA)

1. Ruth Grace Sophie (SMA Pangudi Luhur Sedayu)

2. Putriayu Hapsari (SMA Kesatuan Bangsa)

Juara Lomba Menggambar (SMP)

1. Maulia Dias Kasturi (SMP N 1 Sedayu)

2. Aura Nurlia Zulkarnaen (SMP 1 Sedayu)

Juara Lomba Menggambar (SD)

1. Karim Nasrillah (SD Muh. Argosari)

2. Aleesya Cesadhania PP (SD. Muh Argosari)

Pelaksanaan Orientasi Germas Pada Anak Sekolah yang dilaksanakan dengan konsep berbeda pada tahun ini yaitu dengan dikemas melalui perlombaaan memiliki tujuan agar siswa menjadi lebih tertarik dan terkesan germas sehingga selalu ingat dan mau untuk melaksanakannya. Sehingga masyarakat yang sehat bukan hanya sebatas impian belaka. (ID)

Ice Breaking Sebelum Pelaksanaan Lomba
Pelaksanaan Lomba Menggambar SD
Pelaksanaan Lomba Menggambar SMP
Penampilan Salah Satu Peserta Lomba Penyuluhan SMA
Penyerahan Hadiah Tingkat SD
Penyerahan Hadiah Tingkat SMP
Penyeraan Hadiah Tingkat SMA
Foto Bersama Peserta dan Panitia
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *