Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat. Namun kesadaran masyarakat tentang penyakit ini masih rendah. Padahal penyakit hipertensi terkadang tidak menunjukkan suatu gejala tertentu. Oleh karena itu penyakit ini banyak dikenal sebagai silent killer. Berdasarkan hal tersebut, bertepatan dengan pelaksanaan upacara Hari Pahlawan tanggal 10 November 2019 di Kecamatan Sedayu, diadakan Deklarasi Akrabi Tensi oleh Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2 dengan jargon Periksa Rutin, Kesehatan Terjamin dengan Akrabi Tensi. Pelaksanaan kegiatan deklarasi ini juga merupakan serangkaian dari kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55.

Setelah rangkaian upacara Hari Pahlawan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Akrabi Tensi yang diawali dengan arahan dan sambutan dari Kepala Puskesmas Sedayu 1, dr. Sistia Utami dan Puskesmas Sedayu 2, dr. Yosep Dony KS. Hal yang disampaikan yaitu mengenai data penderita hipertensi di wilayah Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2 serta latar belakang dari pelaksanaan deklarasi Akrabi Tensi. Selanjutnya yaitu pembacaan komitmen deklarasi Akrabi Tensi oleh Camat Sedayu, Sarjiman, SIP, ME yang diiikuti oleh seluruh peserta upacara yang terdiri dari perwakilan instansi-instansi yang ada di wilayah Sedayu. Setelah pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan makan pisang bersama sebagai simbol pelaksanaan germas yaitu makan sayur dan buah. Kemudian diakhir sesi dilakukan penandatanganan komitmen bersama Akrabi Tensi oleh perwakilan jajaran muspika Kecamatan Sedayu yaitu Camat Sedayu, Kepala Puskesmas Sedayu 1 dan Sedayu 2, Danranmil Sedayu, Polsek Sedayu, KUA, Lurah Wilayah Kecamatan Sedayu Desa Argosari, Argomulyo, Argodadi, Argorejo, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan serta kader Akrabi Tensi dari masing-masing Desa.

Dengan adanya deklarasi dan penandatanganan Akrabi Tensi ini diharapkan masyarakat semakin sadar dan peduli tentang penyakit hipertensi. Bagi masyarakat yang sudah terkena hipertensi diharapkan semakin peduli kesehatan dengan berobat secara rutin dan tidak merasa takut dengan penyakit tersebut. Sedangkan bagi masyarakat secara umum diharapkan dapat ikut serta memantau kondisi kesehatan penderita apabila memiliki keluarga yang menderita hipertensi. (ID)

Makan Buah Bersama Sebagai Simbol Germas
Siswa Peserta Upacara Sedang Makan Buah
Arahan dari Kepala Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2
Pembacaan Deklarasi oleh Bapak Sarjiman selaku Camat Sedayu
Penandatanganan Komitmen
Penandatanganan Komitmen

Isi dari Deklarasi Akrabi Tensi yaitu :

Kami Masyarakat Sedayu Sepakat Untuk Mendukung dan Melaksanakan Pengendalian Penyakit Hipertensi Melalui Program :

AKRABI TENSI

Atasi Stres

Kelola Garam

Rajin Minum Obat

Aktivitas Fisik

Berobat Rutin

Istirahat Cukup

Timbang Berat Badan

Enyahkan Asap Rokok

No Kafein

Singkirkan Miras

Isi Piringku dengan Sayur dan Buah

Semoga Tuhan Memberikan Kesehatan Bagi Kita. AAMIIN

Cek Video Deklarasi AKRABI TENSI pada link berikut :

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *