Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 Puskesmas Sedayu 1 kembali melakukan kegiatan sidak makanan dan jajanan pada tempat-tempat yang telah ditentukan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan mengunjungi tempat-tempat yang terpilih sebagai sampling. Tempat yang dikunjungi pada tahun ini antara lain rumah makan yang pada tahun lalu saat dikunjungi banyak indikator yang belum terpenuhi syarat dan juga rumah makan yang tergolong baru atau belum pernah dikunjungi. Selain rumah makan, tempat yang dikunjungi yaitu kantin sekolah beberapa SD dan juga warung-warung kelontong untuk dicek masa kadaluarsa barang-barang yang dijual.

Kegiatan ini melibatkan lintas sektor yaitu dari Kecamatan Sedayu, Desa Argosari, Desa Argomulyo, Polsek Sedayu, Danranmil Sedayu dan juga dari Korwil Kecamatan Sedayu. Selain itu juga terdapat perwakilan dari Forum Pengelola Makanan Kecamatan Sedayu. Pada pelaksanaan sidak ini, dibagi menjadi tiga tim berbeda dengan tempat-tempat yang telah ditentukan meliputi rumah makan, warung kelontong serta kantin-kantin sekolah. Sebelum pelaksanaan sidak dilakukan koordinasi terlebih dahulu yang bertempat di Jogja Youth Farming.

Pada pelaksanaan sidak, kriteria yang dinilai yaitu lokasi dan bangunan, bahan makanan, penyajian makanan jadi, penyimpanan bahan makanan, ruang tempat pengelolaan makanan, peralatan pengelolaan makanan, fasilitas sanitasi dan kondisi penjamah makanan. Penilaian dilakukan dengan mencentang form yang ada lalu disimpulkan hasilnya dan ditulis pada stiker yang ada. Pada indikator yang memenuhi syarat diberi tanda centang sedangkan yang tidak memenuhi syarat diberi tanda silang. Adanya stiker ini bertujuan sebagai monitoring bagi pihak puskesmas serta penjual dan juga sebagai pemberitahuan kepada para pelanggan tentang kondisi tempat makan yang mereka beli. Di beberapa kantin/rumah makan ditemukan makanan dengan warna mencolok dan dicurigai menggunakan pengawet makanan yang dilarang sehingga diambil sampelnya.  Makanan yang diambil sampelnya kemudian dicek menggunakan sanitarian kit yang dimiliki oleh Puskesmas Sedayu 1 untuk mengetahui apakah ada kandungan bahan berbahaya.

            Dari hasil sidak tahun ini, masih ada beberapa tempat makan yang belum memenuhi persyaratan. Selain itu juga ditemukan beberapa barang/makanan yang sudah kadaluarsa pada warung kelontong yang didatangi. Para penjual langsung diberikan pembinaan pada saat itu juga. Dengan adanya stiker yang ditempel juga memudahkan pemantauan setiap tahunnya sehingga dapat diketahui apakah penjual melakukan apa yang sudah disarankan atau mengabaikan. Hasil pemeriksaan dengan sanitarian kit dari makanan yang diambil sampelnya tidak ditemukan adanya makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.(ID)

Koordinasi Sebelum Pelaksanaan Sidak
Mengecek Kondisi Tempat Penyimpanan Bahan Makanan
Pengecekan Tanggal Kadaluarsa
Pemasangan Stiker Monitoring
Pemasangan Stiker CTPS
Stiker Monitoring
Pengecekan Kandungan Bahan Makanan Dengan Sanitarian Kit
Beberapa Anggota Tersisa dari Tim Sidak Makanan

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *