Minggu, 15 Desember 2019 bertempat di halaman rumah Kepala Dusun Jambon dilaksanakan kegiatan Deklarasi Dusun Siaga Jambon. Acara ini dihadiri oleh Camat Sedayu, Sarjiman, SIP.ME, Kepala Puskesmas Sedayu 1, dr. Sistia Utami, perangkat Desa Argosari, Babinsa dan Bhabinkabtimnas Argosari, perwakilan warga Dusun Jambon yang terdiri dari Ketua RT Dusun Jambon, kader kesehatan baik itu dari posyandu balita, lansia maupun posbindu dan perwakilan karang taruna Dusun Jambon.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 yaitu diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir beserta warga Jambon. Terlihat seluruh warga sangat antusias mengikuti gerakan yang dicontohkan oleh instruktur. Setelah senam selesai dilanjutkan jeda sejenak untuk menikmati sajian kecil dan minuman jahe yang telah disediakan.

Acara kemudian dibuka secara resmi dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Puskesmas Sedayu 1 serta penyampaian sekilas mengenai Tante Sosialita oleh Anis Oki. Tante Sosialita yang merupakan singkatan dari Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Solusi Sehat Alami Untuk Kita merupakan suatu program inovasi yang bertujuan untuk memotivasi warga menanam toga di rumah masing-masing dan memanfaatkannya.  Acara selanjutnya adalah acara inti yaitu deklarasi Dusun Siaga Jambon. Pada deklarasi Dusun Siaga Jambon ini ada 4 tema kesehatan yang diangkat yaitu anemia, tuberkulosis, toga dan gerakan masyarakat hidup sehat (germas). Sehingga harapannya, dengan adanya deklarasi ini Dusun Jambon bisa menjadi dusun bebas anemia, dusun tanggap TB, dusun giat Tante Sosialita dan dusun yang sadar germas.

Deklarasi dibacakan oleh Dukuh Jambon, Bapak Sukiman yang didampingi oleh perwakilan karang taruna serta kader posbindu dan diikuti oleh perwakilan warga yang hadir. Setelah deklarasi selesai, dilanjutkan dengan makan buah pisang bersama sebagai simbol pelaksanaan germas dan penandatanganan papan komitmen bersama oleh lintas sektor dan perwakilan warga Dusun Jambon. Sebelum acara ditutup, Bapak Sarjiman SIP, ME memberikan sedikit arahan terkait pelaksanaan kegiatan deklarasi. Acara ditutup setelah dilakukan pembagian doorprize untuk segenap warga yang hadir pada kegiatan tersebut. (ID)

Senam Bersama Mengawali Kegiatan Deklarasi
Warga Antusias Mengikuti Kegiatan Senam
Pembacaan Deklarasi Dusun Siaga Jambon
Makan Buah Pisang Sebagai Simbol Germas
Penandatanganan Papan Komitmen oleh Linsek
Penandatangana Papan Komitmen oleh Camat Sedayu
Arahan Camat Sedayu
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *