Setelah melewati beberapa tahapan pada kompetisi inovasi pelayanan publik Kabupaten Bantul tahun 2019,Tante Sosialita yang merupakan program inovasi yang dicetuskan oleh Anis Oki Tyassetya selaku programer Batra berhasil masuk dalam Top 8 Inovasi Pelayanan Publik. Pada Hari Rabu, 18 Desember 2019, bertempat di Gedung Induk Lt 3 Parasamya telah dilangsungkan acara Penyerahan piagam penghargaan TOP 8 Inovasi kompetensi inovasi pelayanan publik Kabupaten Bantul.  Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Wakil Bupati Bantul, Kepala OPD, dan Camat se Kabupaten Bantul.

Latar belakang tercetusnya Tante Sosialita ini yaitu berdasarkan pendataan tahun 2017 yang menunjukkan angka partisipasi masyarakat terhadap TOGA di wilayah Puskesmas Sedayu I masih rendah, yakni dibawah 50%. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis tanaman yang berkhasiat obat dan cara pemanfaatannya. Oleh karena itu adanya program inovasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan ketersediaan obat-obatan, masalah kesehatan lingkungan dan masalah pola hidup masyarakat.  Program Tante Sosialita ini terbagi melalui beberapa kegiatan yaitu HAND BAG (Pemanfaatan Lahan untuk Taman Obat Keluarga) , ARISSAN (Asuhan Mandiri Akupressur dan Ramuan) dan SEHATI DENGANMU (Sehat dan Cantik Dengan Jamu).

Selain Tante Sosialita, inovasi lain dari Puskesmas Sedayu 1 yaitu Gertak TB sempat masuk dalam Top 15 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 Kabupaten Bantul. Gerakan Terpadu Tangkis TB (Gertak TB) adalah sebuah upaya penanggulangan penyakit TB yang dilakukan oleh Puskesmas Sedayu I dengan cara melibatkan seluruh karyawan di Puskesmas lewat kolaborasi berbagai program dengan dukungan lintas sektor terkait ditingkat Kecamatan, desa dan dusun serta mengoptimalkan peran serta masyarakat sendiri sebagai obyek sasaran. Namun inovasi ini tidak masuk dalam Top 8 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 Kabupaten Bantul.  (ID)

Daftar Top 8 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 yaitu :

– Biss (Bantul Intergreated Siren System) BPBD

– Pembayaran E-retribusi Kendaraan Bermotor. Dinas Perhubungan

– Dukcapil Smart. Disdukcapil

– Tante Sosialita (Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Solusi Sehat Alami Untuk Kita) UPTD Puskesmas Sedayu I

– Garpu Salad (Gerakan Peduli Kesehatan Sulang Kidul) UPTD Puskesmas Jetis II

– Sijawara Joss (Pasien Sakit Jiwa Sehat Sejahtera Jenius Olah Sampah) UPTD Puskesmas Jetis I

– Geplak Manis Dibawa Andong (Gerakan Pemberantasan TB Bersama Warga Kec. Pundong) UPTD Puskesmas Pundong

– Sijempol (Sistem Jemput Bola) UPTD Rumah Potong Hewan

Link Video Paparan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Penyerahan Penghargaan Top 8 Inovasi Pelayanan Publik, Anis Oki bersama Kepala Puskesmas Sedayu 1, dr. Sistia Utami.
Paparan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik Gertak TB
Paparan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik Tante Sosialita
Paparan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *