Puskesmas Sedayu 1 pada hari Jumat, 29 November 2019 mengadakan evaluasi kebugaran jasmani bagi seluruh karyawan di Puskesmas Sedayu 1. Evaluasi kebugaran menggunakan metode Rockport yaitu metode berjalan cepat sejauh 1,6 km atau dalam hal ini karyawan diminta berjalan cepat/jogging 4 kali putaran pada tempat yang telah ditentukan. Metode ini mudah dilakukan dan relatif aman bagi semua orang yang memiliki faktor risiko terhadap penyakit serta tidak memerlukan alat khusus.

Tes ini bertujuan untuk memonitoring kesehatan, menjaga  kesehatan, sebagai timbal balik agar pegawai Puskesmas Sedayu 1 menjaga kesehatan karena berpengaruh pada kualitas kerja. Sebelum tes dimulai karyawan diberi satu lembar form yang berisikan daftar riwayat penyakit dan gaya hidup. Kemudian dilakukan pemeriksaan fisik meliputi tinggi dan berat  badan, tekanan darah, denyut nadi serta pengukuran lingkar perut.

Tes kebugaran dilakukan dengan cara berikut :

  1. Peserta melakukan pendaftaran dengan mengumpulkan form yang telah diisi dan diukur tekanan darahnya. Setelah itu peserta mendapatkan nomor dada.
  2. Peserta melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, terutama otot-otot kaki selama kurang lebih 10 menit.
  3. Setiap sesi, peserta dibagi menjadi dua kelompok masing-masing berisikan 6 peserta.
  4. Peserta melakukan jalan cepat sebanyak 4 kali putaran sesuai dengan jarak jalan yang telah ditentukan dan dicatat waktu tempuhnya.

Usai melakukan tes jalan cepat, peserta kembali dicek denyut nadi untuk pengukuran kondisi maksimalnya, apakah cukup, baik atau sangat baik menggunakan tabel yang disebutnya sebagai kalkulator Rockport. Ada lima kategori untuk mengetahui kemampuan fisik bagi orang yang cukup olahraga atau kurang gerak, yaitu baik sekali atau excellent, baik, cukup, kurang dan kurang sekali. Kemampuan fisik tersebut berdasarkan usia, jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan. Dari 50 peserta yang mengikuti evaluasi, rata-rata peserta mendapatkan hasil cukup. (ID)

Pemanasan Untuk Melemaskan Otot
Pemanasan Sebelum Berlari
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *