Hari Sabtu, 11 Januari 2020 bertempat di Gedung Serba Guna Desa Argomulyo Sedayu Bantul dilaksanakan kegiatan Deklarasi 5 pilar STBM dan Deklarasi Dusun Siaga oleh Puskesmas Sedayu 1. Acara ini dihadiri oleh kader posyandu wilayah Puskesmas Sedayu 1, kepala dukuh di wilayah Desa Argosari dan Desa Argomulyo, Camat Sedayu, Lurah Argosari dan Lurah Argomulyo, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Bantul, dr. Fauzan.

Kegiatan deklarasi kali ini dikemas dengan cara berbeda yaitu diawali dengan lomba cerdas cermat bagi kader posyandu balita dan ditutup dengan pementasan drama yang diperankan oleh lintas sektor. Pementasan drama yang diberi nama Opera Van Sedayu 2 tahun ini agak berbeda dari pelaksanaan pada tahun sebelumnya karena selain mengangkat tema mengenai 5 pilar STBM juga mengangkat tema orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dengan judul “Edan Mergo Kahanan”. Tema ODGJ dipilih agar masyarakat luas menjadi tahu cara penanganan apabila terdapat ODGJ di sekitar lingkungan sekitar mereka.

Sebelum pelaksanaan deklarasi, diawali dengan kegiatan lomba cerdas cermat kader posyandu. Pemenang pada kegiatan lomba cerdas cermat ini yaitu kader posyandu dari Dusun Panggang (1), Dusun Jambon (2) dan Dusun Surobayan (3). Pada kegiatan ini, dusun yang melakukan deklarasi dusun STBM 5 pilar yaitu Dusun Kemusuk Lor, Dusun Kemusuk Kidul, Dusun Srontakan dan Dusun Watu. Sedangkan dusun yang dideklarasikan sebagai dusun siaga yaitu Dusun Watu dan Dusun Kemusuk Kidul.

Adanya pementasan drama pada pelaksanaan deklarasi ini bertujuan sebagai alternatif media promosi kepada masyarakat khususnya tamu undangan yang hadir. Harapannya masyarakat lebih mudah memahami suatu pesan kesehatan apabila dikemas dengan cara yang berbeda. Apalagi pementasan ini melibatkan banyak lintas sektor antara lain Kecamatan Sedayu, Polsek Sedayu, Danranmil Sedayu, Desa Argosari dan Desa Argomulyo dan tokoh masyarakat. Selain itu pementasan ini juga melibatkan karang taruna Desa Argomulyo sebagai wiyogo/pengiring musik dengan gamelan. Dengan keterlibatan dari lintas sektor dalam kegiatan ini juga diharapkan membawa dampak yang positif yaitu dapat bekerja sama mengajak masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan  5 pilar STBM sehingga ke depannya bukan hanya dapat mendeklarasi dusun 5 pilar STBM namun dapat melakukan deklarasi desa 5 pilar STBM. (ID)

Kader Melakukan Registrasi
Pelaksanaan Babak Pertama Lomba Cerdas Cermat
Penampilan Salah Satu Peserta Pada Babak Kedua (Penyuluhan)
Penyerahan hadiah oleh Kabid Kesmas Dinkes Bantul, dr. Fauzan
Pembacaan Deklarasi oleh Perwakilan Dusun
Penandatanganan Papan Komitmen
Cuplikan Salah Satu Adegan Drama
Salah Satu Cuplikan Adegan Drama
Foto Bersama Pemain Opera Van Sedayu 2 dan Panitia
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *