Gambaran Umum

WeLcome To Puskesmas Sedayu 1

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten / kota yang bertangggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas bertujuan mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional, yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2010.

Selamat Datang di blog resmi Puskesmas Sedayu I.
Semoga adanya blog ini mampu menjadi wadah dan sarana komunikasi, berbagi informasi serta evaluasi. Silakan menyampaikan keluhan terhadap pelayanan kami, ‘uneg-uneg’, berbagi cerita serta saran dan kritik membangun. Semua kami terima dengan terbuka. Akhirnya, mohon maaf atas kekurangan-kekurangan kami dalam ‘melahirkan’ blog ini. Selamat melengkapi dan mempercantik..

“ Awal masa sekolah, satu kebiasaan wajib adalah berkenalan dengan teman-teman baru. “Asal dari mana?” dan dengan cukup pede saya jawab “Sedayu”. Hampir selalu, pertanyaan berikut yang menyusul adalah “Sedayu? Dimana itu?” hmm..membuat saya harus menjelaskan ‘Sedayu’ dengan kata-kata yang lain. “Jalan Wates km 12”, lanjut saya, baru akhirnya akan muncul tanggapan  “ooo..” sambil ‘manthuk-manthuk’ (manggut-manggut-red). Sebenarnya pengalaman tadi saya ceritakan dengan agak hiperbolis, terutama bagian akhir cerita :D . Sedikit pembukaan tentang ‘Sedayu’. Saya yakin, ‘Sedayu’ masih asing bagi sebagian banyak orang, bahkan mungkin dengar nama itu saja baru sekali. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengenal  ‘Sedayu’?…..

 

SEKILAS INFO tentang SEDAYU

KONDISI GEOGRAFIS

Sedayu adalah satu kecamatan di wilayah pemerintahan Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukota Kecamatan Sedayu berada 20 km di sebelah Barat Laut Ibukota Kabupaten Bantul. Dalam wilayah Kabupaten Bantul, Kecamatan Sedayu berada di perbatasan wilayah kabupaten, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kulon Progo di sebelah barat dan Sleman di sebelah utara. Batas-batas wilayah Kecamatan Sedayu:

Sebelah Utara      : Kec. Moyudan Kab. Sleman

Sebelah Selatan   : Kecaman Pajangan Kab. Bantul

Sebelah Barat       : Kabupaten Kulon Progo

Sebelah Timur      : Kec. Gamping Kab. Sleman

Secara keseluruhan Kecamatan Sedayu berada di dataran rendah dengan bentangan wilayah yang bervariasi (sekitar 60 % berupa bentangan yang datar hingga berombak, 15 % berupa bentangan yang berombak hingga berbukit dan 25 % dari wilayah berupa bentangan berbukit). Ibukota Kecamatan berada pada ketinggian 87,50 meter diatas permukaan laut. Sebagaimana wilayah dataran rendah di daerah tropis lainnya, iklim di wilayah Kecamatan Sedayu tergolong panas. Data monografi menyebutkan bahwa suhu maksimum di Kecamatan ini tercatat 32,5 ºC dengan suhu minimum 24,5 ºC. Kecamatan Sedayu terdiri atas 4 desa yaitu Desa Argorejo, Argodadi, Argomulyo dan Argosari.

KEADAAN EKONOMI

Tingginya rasio beban tanggungan merupakan penghambat ekonomi suatu negara, karena sebagian pendapatan yang diperoleh oleh golongan produktif, terpaksa harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tidak produktif. Penduduk usia produktif di Kecamatan Sedayu sejumlah 13.369 jiwa dan penduduk yang non produktif sebesar 11.251 jiwa. Sehingga besarnya rasio beban tanggungan (dependency ratio) adalah 35,2 %.

SARANA PELAYANAN KESEHATAN

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai status kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya diperlukan sumber daya kesehatan. Dimana sumber daya kesehatan tersebut meliputi tenaga kesehatan, pembiayaan kesehatan dan sarana kesehatan. Di Kecamatan Sedayu terdapat dua Pusat Kesehatan Masyarakat yaitu Puskesmas Sedayu I dan Puskesmas Sedayu II. Selain itu, tersedia juga sarana pelayanan kesehatan swasta seperti dokter praktek dan bidan praktek swasta (BPS).

 

PUSKESMAS SEDAYU I

KEADAAN WILAYAH

Lokasi Puskesmas Sedayu I berada di dusun Panggang Desa Argomulyo. Wilayah kerja Puskesmas Sedayu I terdiri dari dua Desa, yaitu Argosari dan Argomulyo. Batas-batas wilayah Puskesmas Sedayu I adalah :

Sebelah Utara                      : Kec. Moyudan Kab. Sleman

Sebelah Selatan                   : Desa Argorejo

Sebelah Timur                      : Kec. Gamping Kab. Sleman

Sebelah Barat                       : Kabupaten Kulon Progo

KEADAAN PENDUDUK

Jumlah penduduk di Wilayah kerja Puskesmas Sedayu I pada tahun 2009 berdasarkan data monografi desa tercatat 23.228 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 6.602. Jadi dalam tiap keluarga rata-rata terdiri dari 3 sampai 4 jiwa. Kepadatan penduduk pada tahun 2009 di wilayah kerja Puskesmas Sedayu I yang terdiri dari 2 (dua) desa adalah sebesar 9 jiwa / km2. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah kerja Puskesmas merupakan daerah yang tidak terlalu padat.

Jumlah penduduk dengan perlindungan Jamkesmas dan Jamkesos di wilayah Sedayu I sebesar 31,32 % dari total penduduk

 

TENAGA KESEHATAN

Tenaga kesehatan di Puskesmas Sedayu I tahun 2009 dilaporkan bahwa jumlah tenaga medis 5 orang, tenaga perawat 8 orang, tenaga bidan 6 orang, tenaga farmasi 1 orang, tenaga gizi 1 orang, tenaga sanitasi 1 orang, tenaga teknisi medis 1 orang. Dari rasio semua jenis tenaga kesehatan dibandingkan standar IS 2010,  di Puskesmas Sedayu I jumlahnya masih kurang dan jauh dari standart kebutuhan tenaga kesehatan sesuai indikator Indonesia sehat 2010.

SARANA PELAYANAN KESEHATAN

Sarana pelayanan kesehatan di wilayah Puskesmas Sedayu I terdiri atas 1 Puskesmas Induk, 2 Puskesmas Pembantu, 1 unit mobil puskesmas keliling dan 1 unit mobil ambulans.

Untuk pelayanan kesehatan swasta tahun 2009 dilaporkan prakter dokter swasta 3 tempat, bidan praktek swasta sebanyak 7 tempat,  1 balai pengobatan dan 1 buah apotek.

Untuk sarana kesehatan berbasis masyarakat di Puskesmas Sedayu I sudah terbentuk 2 desa siaga, 1 poskesdes, 31 posyandu balita, dan 10 posyandu lansia

 

Rawat jalan :

  1. Poli umum
  2. Poli Gigi
  3. Poli KIA/KB
  4. Imunisasi
  5. Fisioterapi
  6. Laboratorium
  7. Apotik
  8. Puskesmas Keliling

UGD 24 jam

  1. Pertolonganan kegawat daruratan

Rawat Inap :

  1. Pertolongan persalinan dan perawatan bayi baru lahir

Layanan lain :

  1. USG
  2. EKG
  3. Khitan
  4. Konsultasi Gizi, Kesehatan lingkungan dan PHBS
  5. Konsultasi Kesehatan Reproduksi
  6. Konsultasi Kesehatan Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *