Telah dilaksanakan kegiatan pertemuan rutin Dusun Siaga POLAMAN BERAKSI pada hari Selasa 5 September 2017 jam 20.00 wib di balai dusun Polaman beserta pengurus Dusun Siaga dan warga Polaman.

Polaman Beraksi ; Santun Siaga Sehat sigap

Acara dibuka oleh bapak Dukuh, Bapak Suparjo,SPd. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi untuk warga Polaman yang sampai detik ini warganya tetao bersemangat membangun dusunnya. “Polaman adalah Dusun yang Santun, Siaga, Sehat dan Sigap”, ujar bapak Suparjo menambahkan dengan semboyan budaya kerja Polaman. Beliau juga menambahkan harapan bapak camat, bapak Fauzan Mu’arifin, bahwa ke depan ada Dusun percontohan yang “melek Internet” dengan mengaplikasikannya dalam wujud website.Besar harapan pak dukuh untuk Dusun Polaman yang menjadi pelopornya. Apalagi dengan beberapa prestasi Polaman di bidang Pertanian, perikanan, lingkungan hidup serta kesehatan dan lain lain.

Capaian dusun ini akan menjadi lebih berarti jikalau bisa diinformasikan keluar lewat media media website yang kita miliki sendiri beserta media sosialnya. “Anak anak muda lah yang saya harapkan untuk mengusung ini semua. Karang Taruna, organisasi kepemudaan dan risma risma saya harapkan bisa menghanddle ini semua”, himbau bapak Suparjo.

Sambutan kedua oleh bapak Yoyok Prasetyo, Pemegang promkes Puskesmas Sedayu II. Beliau mengingatkan kembali kepada warga tentang status Polaman sebagai Dusun Percontohan penggerakkan pemberdayaan masyarakat, dimana Polaman ini mempunyai kelebihan dari dusun dusun di wilayah Desa Argorejo di bidang pemberdayaan masyarakat. Di Polaman ini banyak sekali kegiatan kegiatan kemasyarakatan yang lahir dari kesadaran dan kemandirian masyarakatnya.
POLAMAN BERAKSI adalah
1. Budidaya Tanaman Keluarga,Toga dan Perikanan serta Budaya makan sayur & buah (dengan inovasi GEMILANG)
2. Enyahkan Asap Rokok , Sampah, BABS, PTM dan Jentik (di sini masuk program Inovasi ODAMANTIK dan DOKMANTIK
3. Rangkul Balita dan Lansia ke Posyandu serta Masyarakat ke Posbindu
4. Aksi Germas Muda (Masda) Polaman (MAS DAMAN); Senam Muda Mudi sebagai pelaksanaan Aktivitas Fisik Germas(rutin tiap minggu sore) Pemuda Pemantau Jentik (Pematik), Pemuda Pemilah Sampah(Pelampah-Bank Sampah”LIMBAH BERKAH”)
5. Sehatkan Masyarakat dengan chek kesehatan rutin (Posbindu dan POS UKK JASAKES) dan kesorga (kesehatan olah raga)
6. Ibu Hamil dan Ibu menyusui aktif di Kelompok pendukung(KP IBU) dengan Inovasinya RANGKAI BUNGA EMAS.

Dari uraian semboyan tersebut, ada 7 kegiatan atau program Inovasi di dalamnya, yaitu :
1. Dusun Siaga POLAMAN BERAKSI, Dusun Percontohan Penggerakan Pemberdayaan Masyarakat,
2. GEMILANG ; Gemar Makan Ikan Lengkapi Gizi Seimbang
3. Pos UKK “JASAKES” (Pekerja Sadar Kesehatan)
4. ODAMANTIK ; Orang Dampingan Pemantau Jentik
5. DOKMANTIK ; Dokter Kecil Pemantau Jentik
6. Mas DAMAN (Germas Muda Polaman)
7. RANGKAI BUNGA EMAS ; Rangkul Dan Temani Ibu Pembangun Generasi Emas.

Dusun Siaga POLAMAN BERAKSI mempunyai struktur organisasi sebagai berikkut :
1. PROMOSI KESEHATAN ; Penyuluhan, Pembinaan Kader, Upaya Kesehatan Bersumber MasyarakatUKBM, Dusun Siaga Aktif, Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok (KASEBAR), DUSUN PHBS, Indikator Keluarga Sehat dengan Paket Informasi Kesehatan Keluarga(Pinkesga), GERMAS MUDA (MASDA) Polaman.
2. KESEHATAN LINGKUNGAN ; Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),Kawasan Sehat Bebas Sampah, Kawasan Stop BABS, Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK/JASAKES ; Pekerja Sadar Kesehatan), Upaya Kesehatan Olahraga.
3. PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT (MENULAR DAN TIDAK MENULAR) ; Surveilans berbasis masyarakat, PTM Posbindu, Pemuda Pemudi Pemantau Jentik (PEMATIK),Upaya Kesehatan Jiwa melalui Dusun Siaga Sehat Jiwa, dengan ODAM (Orang Dampingan) untuk menggantikan ODS (Orang Dengan Skizofrenia).
4. GIZI, KIA & REMAJA ; Posyandu Balita, Gemar makan  ikan  utk penuhi gizi seimbang (GEMILANG), Posyandu Lansia, Pos Pemulihan Gizi, Kelompok Pendamping (KP) IBU (RANTE BUMIL;Rangkul Dan Temani Ibu Hamil), KB.
5. POKJA POSDUS (Pos Kesehatan Dusun); Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
6.POKJA DARURAT KESEHATAN & TANGGAP BENCANA; Pendataan Golongan Darah Warga, Jalur Evakuasi, Titik Kumpul, Ambulan Dusun, dan Masyarakat Tanggap Gawat Darurat.
7. POKJA DANA USAHA & LOGISTIK; Upaya Penggalangan Dana (Pemdes, Swasta, Masyarakat), Upaya Pengembangan Usaha dan Ekonomi, Upaya Pengadaan Untuk Dusun Siaga, Analisa Kebutuhan, Fungsi kerumahtanggaan. (yoyok)

 

 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: