IMUNISASI MR(MEASLES DAN RUBELLA) POSYANDU ANGGUR BRONGKOL

Rabu, 6 September 2017 telah dilaksanakan Imunisasi MR (measles & Rubella) oleh Tim 1 MR Sedayudua dan kegiatan posyandu balita di Dusun Brongkol oleh kader posyandu Anggur dengan sasaran Balita perumagan Grasera.

Kader Giat, Ibu Bijak, Anak Sehat, Generasi Kuat

Dusun Brongkol meliputi 8 RT, yaitu RT : 92,93,94,95,96,97,98 dan 99. Dusun ini memiliki 2 Posyandu, aykni Posyandu Balita Anggur dan Posyandu Lansia Anggur. Selain itu Brongkol juga memiliki Pos UKK untuk para pekerja informal di wilayah Dusun Brongkol.
Hari ini, Posyandu balita Anggur Brongkol menyelenggarakan kegiatan penimbangan Balita dan Pelaksanaan Imunisasi MR (Measles & Rubella).
POSYANDU adalah Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.
Jumlah Balita di Posyandu Balita Anggur Brongkol Argodadi sedayu adalah 33 Balita, 16 laki laki dan 17 perempuan.
Pelaksanaan Imunisasi MR (Measles & Rubella) Puskesmas Sedayu II hari keempat oleh Petugas Tim 1 MR (Measles dan Rubella) sedayudua.
Petugas Tim 1 MR(Measles dan Rubella) sedayudua sebagai berikut :
1. Maryani
2. Mangesti handayani
3. Endang

Hasil Imunisasi MR (Measles dan Rubella) di Posyandu Balita Anggur Brogkol Argodadi Sedayu hari ini adalah ;
1) Jumlah Balita yang Imuisasi : 28 anak,
2) Balita laki laki :12 anak,
3) Balita perempuan : 16 anak
4) Balita yang tidak imunisasi MR (Measles dan Rubella) : 3 anak karena, 1 sakit, 2 tidak hadir.

Hasil Pemantauan Pertumbuhan Balita ;
1.Balita yang hadir … balita.
2.Balita yang berat badannya Naik adalah … balita.
3.Balita yang berat badannya Turun … Balita.
4.Balita yang berat badannya tetap … balita.
5.Balita yang bulan kemaren tidak hadir adalah… balita.
6.Balita baru… balita.
7.Balita yang menerima POPM Cacing … balita.

Pada bulan September 2017 ini ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan,yaitu :
1. Pemantauan Pertumbuhan Balita, dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana balita dan lansia ditimbang dipantau progress berat badannya.
2. Pemberian PMT Penyuluhan untuk balita dan lansia dengan program  inovasi GEMILANG, dimana posyandu menghidangkan menu PMT dengan masakan yang mengandung Ikan. Tujuannya agar menjadikan contoh ibu ibu balita agar membuat menu masakan ikan di rumah ,masing masing.
GEMILANG singkatan dari Gemar Makan Ikan Lengkapi Gizi Seimbang. Program ini dilaksanakan dalam rangka mengatasi anemia dan mensosialisasikan gizi seimbang, Ikan adalah salah satu lauk hewani yg tinggi zat besi yg bagus dalam mencukupi kebutuhan zat besi tubuh khususnya utk penderita anemia.
3. Pemberian POPM Cacing untuk balita, POPM cacing adalah Pemberian Obat Pencegahan Masal Cacingan. Program Nasional ini sudah menjadi agenda rutin setiap bulan September setiap tahunnya.
4. Pelaksanaan Imunisasi MR (Measles dan Rubella) Nasional di Posyandu untuk balita yang akan dilaksanakan serentak seluruh pulan Jawa di bulan September ini, sekaligus sebagai pelaksanaan Kampanye dan Sosialisasi MR (measles dan Rubella)
5. Pernyataan Statemen dari kader dan masyarakat untuk mensukseskan Imunisasi MR Nasional dan obat cacing.
6. Kader Posyandu BalitaAnggur Brongkol Argodadi Sedayu adalah :

  1. BARIYAH
  2. WAHYUNINGSIH
  3. SURINI
  4. MURNIATI
  5. RUSMIYATI
  6. SUMARNI

Dusun siaga adalah pengembangan dari konsep Desa Siaga merupakan Dusun yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan serta kemauan untuk untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri. Dusun yang dimaksud di sini adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas – batas wilayah, yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan yang diakui dan dihormati dalam Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Si (siap), yaitu pendataan dan mengamati seluruh ibu hamil, siap mendampingi ibu, siap menjadi donor darah, siap memberi bantuan kendaraanuntuk rujukan, siap membantu pendanaan, dan bidan wilayah kelurahan selalu siap memberi pelayanan.
A (antar), yaitu warga desa, bidan wilayah, dan komponen lainnya dengan cepat dan sigap mendampingi dan mengatur ibu yang akan melahirkan jika memerlukan tindakan gawat darurat.
Ga (jaga), yaitu menjaga ibu pada saat dan setelah ibu melahirkan serta menjaga kesehatan bayi yang baru dilahirkan.

Dusun Siaga memiliki kepengurusan organisasi layaknya UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat), yakni :
1. Pokja PROMOSI KESEHATAN ; Penyuluhan, Pembinaan Kader, Upaya Kesehatan Bersumber MasyarakatUKBM, Dusun Siaga Aktif, Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok (KASEBAR), DUSUN PHBS, Indikator Keluarga Sehat dengan Paket Informasi Kesehatan Keluarga(Pinkesga), GERMAS MUDA (MASDA) Polaman
2. Pokja KESEHATAN LINGKUNGAN ; Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),Kawasan Sehat Bebas Sampah, Kawasan Stop BABS, Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK/JASAKES ; Pekerja Sadar Kesehatan), Upaya Kesehatan Olahraga
3. Pokja PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT (MENULAR DAN TIDAK MENULAR) ; Surveilans berbasis masyarakat, PTM Posbindu, Pemuda Pemudi Pemantau Jentik (PEMATIK),Upaya Kesehatan Jiwa melalui Dusun Siaga Sehat Jiwa, dengan ODAM (Orang Dampingan) untuk menggantikan ODS (Orang Dengan Skizofrenia)
4. Pokja GIZI, KIA & REMAJA ; Posyandu Balita, Gemar makan  ikan  lengkapi gizi seimbang (GEMILANG), Posyandu Lansia, Pos Pemulihan Gizi, Kelompok Pendamping (KP) IBU (RANTE BUMIL;Rangkul Dan Temani Ibu Hamil), KB
5. POKJA POSDUS (Pos Kesehatan Dusun); Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
6. POKJA DARURAT KESEHATAN & TANGGAP BENCANA; Pendataan Golongan Darah Warga, Jalur Evakuasi, Titik Kumpul, Ambulan Dusun, dan Masyarakat Tanggap Gawat Darurat
7. POKJA DANA USAHA & LOGISTIK; Upaya Penggalangan Dana (Pemdes, Swasta, Masyarakat), Upaya Pengembangan Usaha dan Ekonomi, Upaya Pengadaan Untuk Dusun Siaga, Analisa Kebutuhan, Fungsi kerumahtanggaan. (yoyok)

Silakan Tinggalkan Komentar