PENERIMAAN TIM SURVEYOR AKREDITASI

Pada hari Kamis tanggal 7 September 2017 di Aula Puskesmas Sedayu II telah dilaksanakan Acara Penerimaan Tim Akreditasi Puskesmas yang dipimpin oleh Ketua Tim Survey Akreditasi Bapak Suhartono,SKM,M.Epid..

Acara dimulai jam 08.00 WIB ketika tim penilai datang ke Puskesmas Sedayu II. Tim Survey Akreditasi disambut oleh segenap karyawan dan wakil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul yaitu Bapak Bambang Agus Subekti,SKM,M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupetn Bantul. Penyambutan dilaksanakan secara sederhana oleh karyawan Puskesmas Sedayu II.
Tim Survey Akreditasi Puskesmas Sedayu II terdiri dari :
1. Surveyor Admen yaitu drg.  Ernawati Balia, MPH dari Riau
2. Ketua Tim Survey merangkap Surveyor UKM Suhartono, SKM, M. Epid dari Gorontalo
3. Surveyor UKP dr. Siti Noor Zaenab, M. Kes dari DIY

Dalam penyambutan Tim Surveyor ini, dihadiri pula oleh Muspika Kecamatan Sedayu, yaitu Camat Sedayu yang diwakili oleh Bapak Eko, Kapolsek Sedayu yang diwakili oleh Bapak Iptu Agus Supraja, SH dan Danramil Sedayu yang diwakili oleh Bapak Serda Widayadi sekaligus sebagai Babinsa Desa Argorejo. Acara pembukaan ini juga dihadiri pula Lurah Desa Argodadi, Bapak Prayitno dan Lurah Desa Argorejo, Bapak Ngadimin serta Bhabin Kamtibmas Desa Argorejo, Bapak Bripka Murdiyanto. Pendamping akreditasi Puskesmas Sedayu II yaitu dr. Sri Wahyu Joko Santosa dan Bapak Heru Purwanto, S. Farm. Apt juga hadir dalam acara ini. Tidak lupa juga dihadiri oleh para rekan rekan Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Kasihan 2.

Acara dibuka oleh MC , Rohani Widiyanti, sekaligus membacakan Safety Briefing. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Berikutnya, dengan terlebih dahulu mempersilahkan duduk para suveyor dan para tamu undangan duduk kembali, para karyawan Puskesmas Sedayu II menyanyikan lagu Mars dan Himne Puskesmas Sedayu II.

Bapak Bambang Agus Subekti, SKM, MPH sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul memberikan sambutan sekaligus mewakili Kepala Dinas Kesehatan Bantul. Beliau berharap pada kesempatan ini para surveyor yang dipimpin oleh Bapak Suhartono, SKM, M. Epid dapat dilaksanakan dengan lancar, dan mendapat hasil yang lebih baik.

Sambutan kedua oleh Kepala Puskesmas Sedayu II, Ibu drg.Elmi Yudihapsari,MPH mengucapkan selamat datang kepada para surveyor dan para tamu undangan dan memperkenalkan diri beserta jajaran karyawan Puskesmas Sedayu II.

Sesi selanjutnya adalah doa. Doa dipimpin oleh bapak Kusdi.

Sambutan ketiga oleh bapak Suhartono, SKM, M.Epid yang memberikan arahan dan aturan dalam penilaian akreditasi Puskesmas. ” Kami datang sebagai tim Survey yang bertugas mencatat dan memotret kondisi Puskesmas Sedayu II yang nantinya akan kami serahkan kepada Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI. Selain itu juga kami diberi tugas untuk memberikan bimbingan dan pembinaan”, ujar Bapak Suhartono, SKM. M. Epid.
Beliau juga menekankan bahwa akreditasi ini bukan hanya formalitas dimana puskesmas hanya berharap mendapatkan kelulusan akreditasi akan tetapi untuk tetap dijalankan dan dipertahankan sebagai pelayan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat.

Berikut adalah presentasi oleh Kepala Puskesmas Sedayu II , untuk memaparkan profil Puskesmas kepada Tim Surveyor sebagai tahap awal penilaian untuk hari ini.

Selesainya presentasi dari ibu drg.Elmi Yudihapsari, maka acara selanjutnya adalah rehat kopi.
Setelah rehat kopi selesai maka dimulailah penilaian akreditasi untuk masing masing Pokja, yaitu Pokja Admen oleh drg.  Ernawati Balia, MPH , Pokja UKP oleh dr. Siti Noor Zaenab, M. Kes dan Pokja UKM oleh Suhartono, SKM, M. Epid.

Penilaian Akreditasi hari ini hingga berlangsung pada pukul 16.30 wib.(yoyok)

Silakan Tinggalkan Komentar