Rabu, 13 September 2017 di Posyandu Balita Aster di rumah Ibu Kader Lestari Ngentak telah dilaksanakan Imunisasi MR(Measles & Rubella) , pemberian POPM obat cacing dan kegiatan Pemantauan Pertumbuhan Balita, serta Posyandu Lansia.

Kader Giat, Ibu Bijak, Anak Sehat, Generasi Kuat

Posyandu Balita Aster berada di Dusun Ngentak Argorejo Sedayu. Hari ini, pelaksanaan Imunisasi MR (Measles & Rubella) di posyandu ini, yang merupakan hari kesembilan dari jadwal Imunisasi MR Puskesmas Sedayu II di bulan September 2017.
Pelaksanaan MR ini dibarengkan dengan pelaksanaan Posyandu Balita dan Lansia ASTER.
Tim Imunisasi MR (Measles & Rubella)yang diterjunkan kali ini adalah TIM 1, yaitu :
1. Marayni
2. Mangeti Handayani
3. Endang
Jumlah balita Posyandu Balita Aster 45 anak; 19 laki laki dan 25 perempuan. Pelaksanaan suntikan Imunisasi MR(Measles & Rubella) hari ini dimulai pada jam 10.00 wib. Pada bulan September 2017 dilaksanakan kegiatan kegiatan :

1. Penyuluhan Imunisasi MR (Mesles & Rubella) dan KIPI.
2. Pelaksanaan suntikan Imunisasi MR (Measles dan Rubella) Posyandu Aster, dengan hasil Imunisasi MR adalah:
Jumlah balita yang Imuisasi :  37 anak ; 16 laki laki dan 21 perempuan. Balita yang tidak imunisasi MR: 8 anak, 3 laki laki dan 5 perempuan, karena tidak hadir. Petugas memberikan undngan untuk balita yang tidak hadir.
Kegiatan Imunisasi MR selesai pukul 12,00 WIB.
3. Pemantauan Pertumbuhan Balita (Penimbangan Balita), dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana balita ditimbang dipantau progress berat badannya. Balitayg hadir dan ditimbang 61 anak, balita naik berat badannya 30 anak, balita turun BBnya 15 anak,  balita BBnya tetap 9 anak, balita kemarin tidak hadir 4 anak dan balita baru 3 anak.

4. Pemantauan Pertumbuhan Lansia dengan penimbangan Lansia dan Chek kesehatan Rutin.
5. Pemberian POPM Cacing untuk balita, POPM cacing adalah Pemberian Obat Pencegahan Masal Cacingan. Program Nasional ini sudah menjadi agenda rutin setiap bulan September setiap tahunnya. Balita yang menerima POPM obat cacing adalah 61 anak.
6. Pemberian PMT Penyuluhan untuk balita dan lansia dengan program inovasi GEMILANG, dimana posyandu menghidangkan menu PMT dengan masakan yang mengandung Ikan. Tujuannya agar menjadikan contoh ibu ibu balita agar membuat menu masakan ikan di rumah ,masing masing.GEMILANG singkatan dari Gemar Makan Ikan Lengkapi Gizi Seimbang. Program ini dilaksanakan dalam rangka mengatasi anemia dan mensosialisasikan gizi seimbang, Ikan adalah salah satu lauk hewani yg tinggi zat besi yg bagus dalam mencukupi kebutuhan zat besi tubuh khususnya utk penderita anemia.
7. Statemen Kader, Ibu Balita , Balita dan Warga untuk mensukseskan Imunisasi MR (Measles & Rubela).(yoyok)

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: