PELATIHAN KADER BKR DESA ARGOREJO

Selasa, 12 September 2017 jam 09.30 wib telah dilaksanakan Pelatihan Kader BKR ( Bina Keluarga Remaja) Desa Argorejo Sedayu di Balai Desa Argorejo yang diselenggarakan oleh Desa Argorejo dengan Nara Sumber Didik Sudarmaji dari BKKBN DIY dan peserta 35 kader BKR dari seluruh Dusun di wilayah Desa Argorejo.

Pelatihan Kader BKR sebagai Penyelenggara Desa Argorejo. Peserta Kader BKR adalah sasaran di masyarakat keluarga yang mempunyai anak remaja anak umur 10 s/d 24 tahun.
Acara dibuka oleh Lurah Desa Argorejo bapak Ngadimin,SH.

Beliau mengatakan,bahwa BKR ini Penting, krn Anak anak Remaja merupakan Generasi kita yg harus bimbing dengan asah asih dan asuh dan harus disuport. Bila perlu tahun depan dianggarkan tuk BKR KIT. Pusat Informasi Remaja ( PIK R) nya biar nyambung.
“Salam Genre Sehat Cerdas Ceria”,Ujar bapak Ngadimin.”Ini lah Pahlawan untuk Remaja kita dengan salam Genre nya”.

Sambutan kedua adalah Nara sumber bapak Didik Sudarmaji dari BKKBN DIY.  Materi komunikasi aktif orang tua kpd anak Tujuan Keluarga bisa membimbing Remaja Stop 3 Triat , yaitu untuk TIDAK terhadap NIKAH DINI. SEX PRA NIKAH dan NAPSA.

BKR prinsipnya keluarga mampu mendampingi anak & anak mau curhat / dekat dengan Keluarga.

BINA KELUARGA REMAJA Bina keluarga remaja (BKR) merupakan program strategis dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam lingkungan masyarakat. Program bina keluarga remaja (BKR) merupakan upaya meningkatkan pengetahuan , sikap dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orang tua dan anak remaja. baik secara fisik, intelektual, kesehatanreproduksi, mental emosional, sosialdan moral spiritual.

Program kelompok bina keluarga remaja adalah merupakan suatu wadah yang berupaya untuk mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai pengetahuan orang tua dalam mendidik anak remaja yang benar.keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri,suami,istri anak,atau ayah dan anak dan atau ibu anak. Sedangkan keluarga anak dan remaja adalah keluarga yang memiliki anak usia sekolah ( 6-13 tahun dan atau remaja ( usia 14-21 tahun ). Bina keluarga anak dan remaja adalah kegiatan yang dilakukan oleh keluarga dalam bentuk kelompok-kelompok kegiatan,dimana orang tua mendapatkan informasi / pengetahuan tentang bagaimana meningkatkan bimbingan dan membina tumbuh kembang anak remaja.

Tujuan BKR Tujuan BKR adalah meningkatkan pengetahuan anggota keluarga terhadap kelangsungan perkembangan anak remaja,diantaranya yaitu tentang pentingnya hubungan yang setara dan harmonis pada satu keluarga dalam rangka pembinaan kepribadian anak dan remaja.
Menumbuhnya rasa cinta dan kasih sayang antara orang tua dengan anak dan remajanya,atau sebaliknya dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masing-masing pihak sehingga timbul rasa hormat dan saling menghargai satu sama lain .

Terlaksananya diteksi dini terhadap setiap gejala yang memungkinkan timbulnya kesenjangan hubungan antara orang tua dan anak remaja di dalam kehidupan rumah tangga.
Serta terciptanya sarana hubungan yang sesuai dan harmonis yang didukung sikap dan prilaku yang rasional dalam bertanggung jawab terhadap pembinaan proses tumbuh kembang anak dan remaja. Sasaran BKR :
1.Sasaran Langsung , yaitu setiap keluarga yang memiliki anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah atau setara dalam keluarga.
b. Sasaran tidak langsung, yaitu: Guru, Pemuka agama, Pemuka adat, Pimpinan organisasi profesi/organisasi sosial kemasyarakatan, Pemuda/wanita, Para ahli dan lembaga bidang ilmu yang terkait, Serta institusi/lembaga pemerintahan dan non , Seperti organisasi wanita, Sekolah dan lsm.

Kelompok BKR dikelola oleh pengurus kelompok minimal 4 orang kader,yang terdiri dari seorang ketua dan tiga anggota atau disesuaikan dengan kebutuhan.
Adapun materi-materi yang disampaikan pada kegiatan penyuluhan kelompok adalah tentang gerakan pembangunan keluarga sejahtera,konsep dasar bkr,pemantauan 8 fungsi keluarga,tumbuh kembang anak dan remaja,reproduksi sehat,pembinaan anak dan remaja serta pengelolaan program bkr.
Hal-hal yang diperlukan dalam penyuluhan :
a. Menciptakan suasana akrab,agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima sasaran.
b. Memiliki waktu yang tepat/dengan kondisi situasi.
c. Menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah diterima oleh sasaran.
d. Isi pesan yang disampaikan tidak bertentangan dan tidak menyimpang dari norma adat istiadatkelompok.

e. Mampu membantu memecahkan masalah yang dihadapi. 4.
Kader BKR Kader BKR adalah anggota masyarakat yang secara sukarela bersedia mendukung kegiatan bina keluarga anak dan remaja.
Tugas kader BKR adalah mendata keluarga yang memiliki anak dan remaja,memberikan penyuluhan kepada keluarga anak dan remaja yang ada di desa untuk ikut aktif menjadi anggota bkr,menyusun jadwal kegiatan,menyelenggarakan pertemuan berkala dengan orang tua.(yoyok)

Silakan Tinggalkan Komentar