Pada hari ini hari Jumat, di Aula Puskesmas Sedayu II, Jumat Pon, 15 September 2017 dilaksanakan pembinaan dukun yang diikuti oleh 14 dukun bayi.

Acara Arisan Mbah Dukun Selapanan Jumat Pon ini merupakan pertemuan rutin pada dukun bayi se wilayah kerja Puskesmas Sedayu II. Arisan Mbah Dukun merupakan wadah/media bertemunya dukun bayi dengan Bidan Puskesmas Sedayu II. Acara dilaksanakan 35 hari sekali atau selapanan, yang bertepatan dengan Jumat Pon.  Selain Arisan kegiatan dalam pertemuan rutin ini adalah pembinaan kepada dukun bayi.banyak informasi kesehatan yang akan disampaikan oleh bidan puskesmas.

Pembinaan pada hari ini dibuka jam 09.15 WIB.  Acara dibuka oleh Ibu Bidan Maryani. Seperti biasanya, Beliau melaksanakan beberapa hal koordinasi dengan para dukun bayi. Juga melaksanakan administrasi Arisan , tabungan dan simoan pinjam anggota Arisan Mbah Dukun. Peserta arisan bukan hanya mbah dukun, tapi juga beberapa pegawai Puskesmas Sedayu II termasuk bidan bidan KIA puskesmas. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan demonstrasi. Materi yang disampaikan yaitu cara memandikan bayi dan cara merawat tali pusat sekaligus langsung dilakukan demonstrasi cara memandikan bayi menggunakan media boneka.

Pemaparan materi dan demonstrasi dilaksanakan 40 menit dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terdapat satu pertanyaan yaitu jika didesa banyak debu, kotoran debu padi (damen) dan popok berada di bawah tali pusat dan kancing baju terbuka bagaimana cara mengatasinya? .
Dijawab oleh pemateri bahwa sebenarnya tujuan popok di bawah tali pusat untuk melindungi tali pusat dari kotoran yang menempel pada popok. Diperbolehkan memakai popok diatas tali pusat dengan syarat tetap menjaga kebersihan popok dalam keadaan kering . Acara dilanjutkan dengan arisan dan musyawarah rekreasi.(natya/yoyok)

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: