Senin, 2 Oktober 2017 pukul 16.00 s.d 17.00 bertempat di halaman SD Krapyak, polaman Argorejo, Sedayu Bantul telah dilaksanakan kegiatan GERMAS oleh  para lansia Polaman dengan beserta mahasiswa Praktik Komunitas  Profesi Ners Almaata.

Kegiatan Senam Lansia di Polaman ini merupakan program rutin Dusun, dimana tiap Senin sore secara rutin dilaksanakan Senam. Peserta adalah para lansia di wilayah dusun Polaman. Mereka datang pada pukul 16.00 wib. Kemudian langsung dilakukan pemeriksaan tekanan darah oleh kader lansia dan Mahasiswa Praktik Komunitas Almaata Profeai Ners. Check kesehatan dilakukan di awal kegiatan, sebelum dilaksanakannya Senam Lansia Bugar hari ini. Hasil pemeriksaan tekanan darah lansia dengan hasil tensi diatas diastol 150 sebanyak 12 lansia dari 28 peserta, setelah dilakukan pemeriksaan tekanan darah kemudian dilanjutkan dengan senam. Sebelum dilaksanakan senam, Mahasiswa bersama para lansia makan timun bersama sebagai simbol dari budayakan makan sayur dan buah.
Senam selesai sampai jam 17.10 kemudian di berikan informasi mengonsumsi buah dan sayur kemudian peserta dibagikan mentimun. Acara selesai jam 17.30

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
Dari kegiatan kegiatan hari ini yang dilaksanakan adalah mencerminkan kesadaran mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.
(GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Germas dapat dilakukan dengan cara:
1. Peningkatan aktivitas fisik
2. Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi
4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit
5. Peningkatan kualitas lingkungan
6. Peningkatan edukasi hidup sehat

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:
1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,
2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan
3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Germas adalah bertujuan untuk: Menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.
(Yoyok/ika)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #kknsedayudua

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: