Selasa, 3 Oktober 2017 KIA Puskesmas Sedayu II, ibu bidan Rohani Widiyanti dwngan ditemani ibu Dukuh, ibu Eny Ridayati melaksanakan stikerisasi P4K di rumah ibu Nurhayati dan Laela, Ngepek Argodadi Sedayu.

P4K adalah singkatan dari Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi.
Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) adalah kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas,termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir (Depkes RI, 2009).

Ibu hamil diharapkan dapat merencanakan persalinannya sedini mungkin. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi persalinan. P4K diaplikasikan dalam bentuk stiker berwarna pink yang diberikan bersamaan dengan pemberian buku KIA. Ada 7 point dalam stiker P4K, yaitu :
1) Nama
2) Hari Perkiraan Lahir
3) Penolong Persalinan
4) Tempat Persalinan
5) Pendamping Persalinan
6) Transportasi
7) Calon Pendonor Darah

Ibu hamil dan keluarga wajib merencanakan persalinan dan menuliskannya dalam stiker tersebut. Stikerisasi P4K yang dilaksanakan oleh bidan Rohani Widiyanti dilaksanakan di rumah ibu Nurhayati. Ibu Rohani Widiyanti memberikan koseling kepada ibu dan keluarga mengenai stikerisasi P4K. Setelah terisi, dipandu, ibu Nurhayati dengan disaksikan bidan Nurhayati dan ibu Eny Ridayati menempelkan stiker tersebut di depan jendela rumah.
Dengan adanya stikerisasi P4K ini diharapkan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Sedayu II mampu menuju persalinan yang aman dan sehat.(anik)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #kesehatanibudananak #kelasibuhamil #kesehatanibuhamil #p4k #stikerisasip4k #rangkaibungaemas #kia #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: