Telah dilaksanakan kegiatan rutin Posyandu Lansia Melati Putih Polaman di pendopo Dukuh Polaman, Bapak Suparjo pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017.

“Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera”

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Posyandu lansia juga termasuk UKBM, Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat.

Posyandu Lansia Melati Putih adalah Posyandu lansia yang ada di Dusun Polaman. Jumlah Lansia Polaman per Mei 2017 320 orang  rincian adalah sebagai berijut :
1. Pra Lansia (45 – 59 tahun) 183 orang ; L : 84 & P : 99
2. Lansia (60 – 69 tahun) : 87 orang ; L : 48 & P : 39.
3. Paska Lansia ( Diatas 70 tahun) 50 orang ; L : 28 & P : 22.

Hari ini dilaksanakan kegiatan Posyandu ini setelah hampir 3 bulan libur. Kegiatan diawali dengan Pendaftaran/Absen bagi Lansia yang datang dan langsung dilanjut dengan Chek tensi. Lansia yang hadir hari ini sejumlah 68 orang.
Para Lansia. Setelah ditensi para lansia duduk bersama di Pendopo rumah bapak Dukuh.
Dimulailan acara dengan berdiri bersama :

1. Menyatakan Ikrar bersama
Bunyi Ikrar adalah :
“Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat, Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia”

2. Menyanyikan Lagu Mars Lansia
3. Senam Tangan.

Acara berikutnya adalah Sambutan sambutan, diantaranya adalah dari Ketua Lansia Polaman oleh Bapak Prawoto. Beliau merespon baik kegiatan Posyandu kali ini yang juga merupakan kerjasama dengan mahasiswa KKN Kesehatan Almaata. “Terimakasih kepada bapak ibu anggota yang sudah hadir di posyandu lansia Melati Putih hari ini. Dan terimakasih pula kepada Anak anak saya KKN Almaata yang ikut mendukung kegiatan kami. Dan tak lupa terimakasih kepada petugas Puskesmas Sedayu II yang selalu membimbing dan menemani kami”, ujar Pak Prawoto.

Mahasiswa KKN Kesehatan Almaata Profesi Ners memberikan penyuluhan tentang Germas Hidup Sehat yang pada tahun 2017 ini fokus untuk 3 kegiatan, yaitu :
1. Aktivitas Fisik
2. Budaya Makan Sayur dan Buah
3. Chek Kesehatan Rutin.

Pada kegiatan Posyandu hari ini dilaksanakan ketiganya, yaitu dengan Senam Sehat sebagai realisasi dari Aktivitas Fisik. YAng Kedua dengan Ikrar simbolik dengan Makan Buah Pisang bersama sebagi simbol makan sayur dan buah. Selain itu dalam setiap menu PMT sudah terdapat unrus sayuran dan buah yang dihidangkan. dan kegiatan yang ketiga adalah pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Sedayu II dengan dibantu oleh KKN.
Lansia yang diperiksa kesehatannya dan diberikan pengobatan ada 35 orang. Acara berakhir pada jam 12.30 wib. (yoyok)

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: