Telah dilaksanakan Kegiatan Puskesmas Keliling dan Posyandu Lansia di Dusun Bandut Kidul oleh Tim Puskesmas Keliling melayani Posyandu Lansia Teratai pada Hari Senin, 9 oktober 2017.

“Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera”

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.
Puskesmas keliling adalah puskesmas yang melayani masyarakat dengan mendatangi daerah tertentu untuk membantu penderita yang tidak dapat mengunjungi puskesmas induk atau puskesmas pembantu. Pusksemas keliling bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif.
Definisi lain Puskesmas keliling adalah Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya dengan maksud lebih dekat kepada masyarakat dengan sistem jemput bola dalam pelayanan kesehatan.

“Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia.”

Posyandu lansia Kanthil Senowo beranggotakan Lansia sejumlah 131 orang. Lansia Aktif ke posyandu Lansia sejumlah 80 orang. Dan diantara lansia yang 80 orang, hanya 43 yang hadir dan dicek kesehatan rutinnya.
Kegiatan Posyandu Lansia :
1. Pendaftaran atau absensi.
2. Pemantauan Pertumbuhan Lansia, dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana lansia ditimbang dipantau progress berat badannya.
3. Chek kesehatan rutin dengan mengukur tensi lansia yang hadir.
4. Pemberian PMT Penyuluhan untuk Lansia.
Pada Hari ini Lansia yang datang sejumlah 33 orang, laki laki 12 orang dan Wanita sejumlah 21 orang. Dan Lansia yang memeriksakan kesehatan dan pengobatan sejumlah 25 orang, laki laki 6 orang dan wanita 19 orang.(yoyok)

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: