Telah dilaksanakan MMD2 pada tgl 13 oktober 2017, Pukul 19.30 di kediaman Dukuh cawan, Bapak Katiyo dengan jumlah peserta MMD yg datang sebanyak 17 orang.
Dengan susunan acara sbb:
1. Sambutan bpk dusun cawan
Pada malam ini telah dilaksanakan mmd2. Sebelumnya mahasiswa KKN telah melakukan pendataan utk mengetahui masalah-masalah yg ada di dusun cawan. Mahasiswa KKN juga telah mengikuti beberapa kegiatan di dusun cawan ini.
2. Sambutan bpk jawad abdurahman
Kami berharap warga dusun cawan bisa bekerja sama dengan mahasiswa KKN sehingga mahasiswa juga bisa megelola masalah yg ada.

3. Sambutan bpk isman
Program yg harus diutamakan dari mahasiswa adalah utk belajar meningkatkan ilmu dan bekerja sama dgn masyarakat utk menjalankan program yg telah direncanakan.
Hasil pengkajian selama 2 minggu pada masyarakat dusun cawan didapatkan masalah kesehatan warga sbb:
1. resiko timbulnya penyakit ISPA, DBD & Diare.
2.resiko kurangnya PHBS masyarakat di dusun cawan berhubungan dengan penngethuan masyarakat ttg PHBS
3. Resiko peningkatan derajat kesehatan penyakit degeneratif pd lansia di dusun cawan
4. Resiko kejadian sakit gigi di dusun cawan
5. Kurang pengetahuan ttg fungsi mengetahui golongan darah
6. Ketidaktahuan menghadapi bencana

Setelah diketahui masalah kesehatan yg terjadi pada masyarakat dusun cawan maka kami melakkukan rencana kegiatan dan hasil musyawarah masyarakat desa II (MMD II) Dengan warga dusun cawan yakni dengan melakukan penyuluhan ttg ISPA, DBD, diare, hilertensi, kesehatan gigi, pentingnya mengetahui golongan darah, meroko dan apabila memungkinkan maka akan dilakukan deklarasi kawas sehat bebas asap rokok, melakukan kerja bakti bersama, jalan sehat dan pembuatan petunjuk jln evakuasi. Setiap kegiatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan warga dusun cawan. Wassalami’alaikum Wr. Wb.(intan)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #kknsedayudua #promkes #dinkesbantul

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: