Minggu 15 okt 2017 telah dilakukan penyuluhan tentang DBD dan penerapan 3M oleh Mahasiswa KKN Kesehatan Almaata di RT 21 Cawan.Kegiatan penyuluhan DBD ini dilaksanakan dalam meminimalkan perkembangan jentik nyamuk di RT 21 Dusun Cawan Argodadi Sedayu ke warga yang mengikuti arisan. Mahasiswa KKN Kesehatan Alma ata yang berada di Dusun Cawan melaksanakan penyuluhan dalam pertemuan arisan ibu ibu RT 21 CAwan.
Materi Penyuluhan adalah DBD dan Gerakan 3M.
Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau/ beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue.

Demam dengue juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam; sakit kepala; kulit kemerahan yang tampak seperti campak; dan nyeri otot dan persendian.

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M, yakni menutup, menguras, dan mengubur dinilai perlu digencarkan untuk memberantas penyakit demam berdarah. Kegiatan tersebut merupakan tindakan pencegahan penyebaran demam berdarah yang dapat dilakukan secara mandiri.
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kkn #kknsedayudua #psn #psnsedayudua

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: