Telah dilaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU di Dusun Cawan, kerjasama antara Kader Kesehatan Cawan dengan Mahasiswa KKN Kesehatan Alma Ata dan Puskesmas Sedayu II.Posbuindu Dusun Cawan pada sore ini menggelar kegiatan di lapangan dusun Cawan. Peserta yang hadir sejumlah 50 orang warga Cawan. Kegiatan ini dibantu oleh Mahasiswa KKN Kesehatan Alma Ata yang sudah 3 minggu ini melaksanakan praktik komunitas di dusun ini. Petugas Puskesmas Sedayu II yang hadir adalah bapak Basir, programmer Posbindu dan Bapak Ferry Anton Daryanto sebagai Gasbinsun Cawan.
Kegiatan Posbindu kali ini diawali dengan Senam Massal oleh 50 warga. Dilanjutkan dengan pemeriksaan ; berat badan, tinggi badan dan tensi. Berikutnya adalah  cek laboratorium, berupa chek asam urat dan gula darah. Warga yang periksa ada 30 orang.

Pos Pembinaan Terpadu atau disingkat POSBINDU (menurut kemenkes) merupakan sebagai UKBM, Upaha Kesehatan Bersumber daya Masyarakat. adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.

Posbindu adalah suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Kegiatan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat ini dengan pembiayaan berdasar kesepakatan warga melalui musyawarah, dipertanggung jawabkan oleh masyarakat serta jadwal dan jenis kegiatannya yang juga ditetapkan oleh masyarakat.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #germas #germassedayu #kesorgasedayudua #kesorga #lansia #lansiasedayudua #posbindu #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: