Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 16.00 Wib telah dilaksanakan kegiatan Senam Lansia Dusun Sundi Kidul Argorejo Sedayu di halaman rumah Dukuh bapak Kusdi.Kegiatan Senam Lansia ini perdana dilakukan dalam masa jabatan Dukuh baru, bapak kusdi.
Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.
Kegiatan Aktivitas Fisik berupa Senam lansia sangat sejalan dengan tujuan GERMAS yang sudah dicanangkan oleh bapak Presiden Jokowi pada tahun 2016.
Pada sore hari ini telah dilaksanakan 2 kegiatan dari 3 kegistan Germas yang menjadi fokus pada tahun ini, yaitu Senam sebagai implementasi dari Kegiatan Aktivitas Fisik dan makan pisang bersama sebagai simbolisasi dibudayakan Makan sayur dan buah di Sundi Kidul.

Kegiatan ini dipimpin oleh Dukuh Sundi Kidul bapak Kusdi bekerja sama dengan mahasiswa KKN Kesehatan Alma Ata.  Peserta sore ini yang hadir adalah 60 orang.
Senam juga termasuk dalam ranah Kesehatan olahraga atau Kesorga. Hakekat Kesehatan Olahraga adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan, yang berarti meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan yang sistematis, terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah :
1.Peningkatan aktivitas fisik
2.Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
3.Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi
4.Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit
5.Peningkatan kualitas lingkungan
6.Peningkatan edukasi hidup sehat.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #germas #germassedayu #kesorgasedayudua #kesorga #lansia #lansiasedayudua #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: