Selasa, 24 Oktober 2017 pukul 19.30-22.00 Wib telah dilakukan rapat KKN Kesehatan Alma Ata bersama Perangkat dusun dan kader di rumah Dukuh Sundi Kidul bapak Kusdi.
Pertemuan ini membahas mengenai pembentukan dusun siaga dan Persiapan deklarasi serta membuat struktur organisasi. Peserta yanghadir sebanyak 29 orang.
Dusun suaga aktif adalah dusun yang penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melalui pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) atau sarana kesehatan lainnya.
Komponen dari dusun siaga aktif antara lain:
1. Pelayanan kesehatan dasar
2. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan UKBM dan mendorong upaya serveilans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan
3. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Pertemuan ini juga mempersiapkan dan membentuk kepanitiaan untuk agenda yang akan diselenggarakan KKN Kesehatan Alma Ata yaitu; lounching paud PKK, deklarasi dusun siaga, penggabungan posyandu balita dan lansia, cek golongan darah massal warga sundi kidul. Dengan melibatkan masyarakat dan bekerjasama harapanya acara besar ini dapat terlaksana dengan baik serta sapat mewujudkan sundi kidul sebagai dusun yang siap siaga kegawat daruratan.(hasyim)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #kkn #kknalmaata #dusunsiaga #desasiaga #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: