Rabu, 25 Oktober 2017 telah dilaksanakan kegiatan Pertemuan rutin Kader UPGK Desa Argorejo di ruang pertemuan Balai Desa oleh Pengurus Kader Desa.Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap bulan tiap tanggal 25. Pertemuan diselenggerakan oleh Pengurus Kader Desa Argorejo dengan bergiliran pengurus kader dusun. Untuk hari ini yang mendapat giliran tugas melaksanakan adalah Kader Dusun Polaman.
Acara dibuka oleh Pembawa acara Ibu Tonik dari Kader Polaman.
Dilanjutkan para kader menyanyikan lagu anak sehat.
SAmbutan Pertama oleh bapak Surame, Kasie Pelayanan Desa Argorejo. Mengingatkan SPJ yang harus segara diselesaikan Masing masing Posyandu Dan Lansia.
Sambutan kedua oleh Ketua Kader Desa Argorejo ibu Mudibyo.

Acara Selanjutnya adalah Pembinaan dari Puskesmas Sedayu II.
1. Materi  Parotitis /Gondongan oleh Koas UMY mbak Ayu.
2. Materi Pembinaan Ibu Nanik Tejowati :
a) Bulan Penimbangan
b) DTKB Posyandu Balita
c) UCI dari Imunisasi
d) Ada Petugas Puskesmas keliling ke Posyandu
e) Distribusi biskuit MP ASI untuk posyandu
f) Distribusi Dana Menu Gemilang
3. Materi Program APUSE dan KAMELIA oleh Bapak Yoyok Prasetyo.

dr.Ayu, Koas Kedokteran UMY memberikan materi penyuluhan tentang Gondongan atau Parotitis.
Parotitis adalah peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah akibat infeksi virus. Kelenjar ludah manusia ada dua, terletak di rongga mulut bagian belakang dekat rahang, sebelah kiri dan kanan. Peradangan dapat terjadi pada salah satu atau kedua kelenjar ludah. Dalam bahasa Indonesia, parotitis disebut juga sebagai penyakit gondongan.
Ibu Nanik Tejowati memberikan materi tentang Bulan Penimbangan. Bulan November adalah bulan penimbangan. Dan akan ada surat edaran bulan penimbangan dengan target D/S minimal 87%. Mohon bisa disosialisasikan lewat forum yg ada di dusun dan bisa diadakan kegiatan yg menarik sehingga ibu ibu balita bisa lebih banyak yang datang.Program KIA akan ada DTKB dan pendataan uci. Ada petugas yg berkunjung.pembagian biskuit mp asi utk posyandu sbg pmt penyuluhan per balita 1 bks. PMT penyuluhan tambahan @50000 tetap berjalan menu ikan (GEMILANG). PMT Pemulihan Balita kurus akan berlanjut dengan dana BOK.

Pemberi Materi berikutnya adalah bapak Yoyok Prasetyo. Sebelum nemulai bapak Yoyok mengajak ibu ibu kader untuk melaksanakan Kampaye APUSE dan Lansia,
Kampanye APUSE
“AYO KE POSYANDU,
NAIKKAN BERAT BADAN ANAK,
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT, SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”

Kampanye Lansia
“Hidup Bermartabat di Usia Senja,
Lanjut Usia Sejahtera”
“Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia.
Bantul Cinta Sehat, Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia”

Bapak Yoyok Prasetyo memberikan Materi terakhir yaitu Program APUSE, Ayo ke Posyandu Sehatkan Anak dan KAMELIA , Program Kader Melek Internet Argorejo Argodadi. Program ini adalah program yang integral dengan banyak program dan kegiatan lainnya. Salah satunya, adalah Program KAMELIA dijalankan bersamaan dengan program APUSE. APUSE Outcomenya adalah mengatrol capaian N/D dan D/S Posyandu.Tapi dengan PROGRAM KAMELIA adalah sistem pelaporan kader cepat lewat WA maka mau tidak mau kader mengupayakan untuk Melek IT atau Melek Internet.
Penilaian APUSE :
1) Sistem 5 Meja Posyandu Balita. Bentuk Foto.
2) Kampanye APUSE. Dalam Bentuk Video
“AYO KE POSYANDU,
NAIKKAN BERAT BADAN ANAK,
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT, SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”
3) Penyuluhan oleh Kader. Bentuk Video.
4) Menu Gemilang. Bentuk Foto.
5) Laporan SKDNTOB serta D/S dan N/D

Hasil Rekap penilaian Posyandu Balita se Argorejo bulan Oktober 2017 maka Posyandu Balita Falmboyan Gunungpolo yang menampilkan Data yang paling baik. Posyandu Flamboyan mendapatkan reward Rp.100.000,- dari Puskesmas Sedayu II.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #kkn #kknalmaata #kaderkesehatan #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: