Pada hari kamis 26 oktober 2017, pukul 12.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan hipertensi kepada ibu ibu di RT 17 dusun Cawan yg bertempat di rumah ketua RT 17.

Penyuluhan hipertensi dilakukan setelah selesai arisan ibu ibu. Peserta yg hadir sebanyak 17 orang dan respon ibu ibu terhadap penyuluhan yg diberikan sangat baik. Hipertensi adalah twemasuk dalam jenis penyakit PTM yang sekarang ini menjadi fokus untuk dicegah. Banyak upaya pemerintah meluncurkan program dan kwgiatan yang muaranya adalah upaya menurunkan angka kejadian PTM.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas.

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #posyandu #kkn #kknsedayudua #hipertensi #ptm #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: