Telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pada Pekerja Sadar Kesehatan (Jasakes) Pos UKK Angrek di Brongkol Argodadi bertempat di rumah bapak Mugiyono pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 jam 10.00, oleh Tim Puskesmas Keliling Puskesmas Sedayu II kepada para pekerja dengan jumlah 11 pekerja.

Pos UKK adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang memberikan pelayanan Dasar bagi masyarakat pekerja terutama pekerja informal.
Pos UKK adalah Wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggerakan dari oleh dan untuk masyarakat pekerja. Program ini kerjasama dengan kegiatan puskesmas keliling dalam melakukan pemeriksaan.
Petugas Puskesmas Keliling Sedayu II adalah : dr.Rizqidio Larisso Kusumowidyo, Nurfarida, Muthoharroh dan Kenthutana. Serta rombongan Koas Kedokteran UMY.

Pos UKK yang dikunjungi adalah Pengrajin Meubel, dengan jumlah pekerja 11 orang termasuk pemiliknya. Kader ukk 4 orang , pencatatan dan pelaporan dicatat juga oleh kader.
Kegiatan pelayanan kesehatan ;
1. Pemeriksaan rutin pekerja, tanda vital.
2. Penyuluhan dan praktik  cuci tangan 6 langkah dipandu Muthoharroh dan Koas Kedokteran UMY.

3. Pembagian Masker untuk pekerja.

Pekerja sejumlah 11 orang memeriksakan kesehatannya.

Dalam pelaksanaannya petugas puskesmas keliling dibantu oleh kader pos UKK. Kader Pos UKK adalah pekerja yang mempunyai
kesadaran dan mau bekerja secara sukarela untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan diri sendiri dan kelompoknya agar bekerja dengan aman, sehat dan produktif dalam bekerja.

Kehadiran pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) untuk Pengrajin Meubel di Brongkol Argodadi menjadi hal yang sangat dinantikan. Pelaksanaan POS UKK tersebut membuat warga khususnya para pekerja menjadi dekat dengan fasilitas kesehatan. Selain itu, nantinya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan untuk memantau kesehatan pekerja dan warga sekitar. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk terus mengembangkan pelayanan.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #posyandu  #jasakes #ukk #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: