Sabtu, 28 Oktober 2017 telah dilaksanakan kegiatan Puskesmas Keliling dan Programmer UKK ke Pos UKK Jasakes Polaman bertempat di usaha rongsokan bapak soeroto di Dusun Polaman RT 14, dengan menggandeng programmer Promkes bersama kader UKK dan dibantu oleh mahasiswa KKN Kesehatan Alma Ata dan Coas Kedokteran UMY dengan sasaran Pekerja resiko tinggi masalah kesehatan.

JASAKES Sebagai upaya mendekatkan layanan kepada pekerja di usaha kecil rumahan, programer UKK menggandeng promkes dan petugas pelayanan mengadakan kembali kegiatan POS UKK di dusun Polaman. JASAKES adalah Pekerja Sadar Kesehatan , dimana para pekerja di usaha rongsokan, yang mempunya potensi masalah kesehatan, memiliki kesadaran akan kesehatannya sendiri. Pemeriksaan ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di tempat pemilahan sampah usaha rongsokan bapak soeroto dan juga pada warga yang berada di dusun Polaman RT 14.
Kegiatan berlangsung dari Pukul 08:00-09:30. Petugas Pusksemas Keliling adalah : dr Kriessita Andiyani, Nurfarida, Prasinto Ramdaniar, Ferry Anton Daryanto, Wahyu Surya Rhomawati.

Kegiatan Pos UKK Jasakes Polaman adalah :
1. Pendaftaran dan absensi.
2. Penyuluhan tentang manfaat cuci tangan pakai sabun. Penyuluhan dilakukan oleh koas UMY.
3. Kampanye cuci tangan pakai sabun oleh awa dari Puskesmas Sedayu II.
4. Penyerahan sabun untuk cuci tangan oleh koas umy
5. Chek kesehatan rutin dengan mengukur tensi pekerja yang hadir.
6. Pemberian Obat untuk pekerja yang periksa.
Pekerja yang yang ada di Usaha Rongsokan Pak Soeroto sebanyak 20 orang, dan pekerja yang hadir dan memeriksakan kesehatan sejumlah 18 orang. Warga sekitar yang periksa kesehatan sejumlah 3 orang. Jadi total pemeriksaan kesehatan sebanyak 21 orang.

Pos UKK adalah Wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggerakan dari oleh dan untuk masyarakat pekerja. Program ini kerjasama dengan kegiatan puskesmas keliling dalam melakukan pemeriksaan dan tim promkes.
Dalam pelaksanaannya petugas puskesmas keliling dibantu oleh kader pos UKK. kader UKK Polaman adalah Ibu Sarini dan Ibu Wagilah. Kader Pos UKK adalah pekerja yang mempunyai
kesadaran dan mau bekerja secara sukarela untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan diri sendiri dan kelompoknya agar bekerja dengan aman, sehat dan produktif dalam bekerja.
Kehadiran pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) untuk pengepul rosokan dusun Polaman Sedayu menjadi hal yang sangat dinantikan.

Pelaksanaan POS UKK tersebut membuat warga khususnya para pekerja pengepul rosokan menjadi dekat dengan fasilitas kesehatan.
Pos UKK Dusun Polaman resmi sudah di SK kan dengan NOMOR:07/PLM/SDY/BANTUL/VI/2017 TENTANG USAHA KESEHATAN KERJA (UKK). Pos UKK adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang memberikan pelayanan Dasar bagi masyarakat pekerja terutama pekerja informal.(yoyok/awa)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #ukk #jasakes #puskesmaskeliling #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: