Senin, 30 Oktober 2017 telah dilaksanakan Pertemuan Validasi Data KIA Ibu Hamil, Data KB PUS, Data Imunisasi UCI untuk dikoreksi kader, bertempat di Aula Puskesmas Sedayu II.

Acara ini dihadiri oleh 37 orang kader Posyandu Desa Argorejo dan Argodadi. Hadir juga ibu Sarjilah sebagai perwakilan dari tim PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) pada acara tersebut untuk menyinkronkan data KB antara Puskesmas dengan PLKB.
Acara dibuka jam 09.30 oleh Kepala Puskesmas Sedayu II drg.Elmi Yudihapsari,MPH. Ibu Yudi mengucapkan selamat datang kepada para kader yang hadir. Beliau selalu memberikan semangat untuk kader bersama dengan Puskesmas Sedayu II dalam menggerakkan masyarakat hidup sehat. Beliau menginformasikan bahwa kader pada hari ini diminta untuk klarifikasi data KIA, KB dan Imunisasi dimana data ini lah yang akan digunakan sebagai input data untuk menyusun kegiatan di tahun 2018.

Materi pertama disampaikan oleh Programmer KB Puskesmas Sedayu II yaitu Natya Ayu Pramudita, A.Md.Keb. Saudari Natya menjelaskan mengenai tata cara pengisian tabel pendataan PUS (Pasangan Usia Subur). Pendataan dilaksanakan di setiap RT masing-masing dimana jumlah RT di desa Argorejo adalah 72 RT dan Argodadi 100 RT. PUS adalah pasangan yang istrinya berumur antara 15 sampai 49 tahun atau pasangan yang istrinya di bawah usia 15 tahun tetapi sudah menstruasi atau pasangan yang istrinya sudah berusia lebih dari 49 tahun tetapi masih menstruasi. Adapun data yang harus didapatkan oleh kader pada pendataan ini adalah usia istri, jumlah anak, usia anak, jaminan yang digunakan, jenis KB, tahun menggunakan KB, serta penyakit yang sedang diderita oleh akseptor KB. Blangko pendataan sepakat untuk dikumpulkan pada tanggal 22 November 2017 untuk Desa Argodadi dan 25 November 2017 untuk Desa Argorejo. Dengan adanya pendataan PUS ini diharapkan tenaga kesehatan beserta masyarakat mampu bersinergi dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.
Pemberi materi kedua yaitu Programmer Imunisasi Ibu Rohani Widiyanti, S.Tr.Keb. Ibu Rohani menyampaikan mengenai pendataan KIA dan Imunisasi. Semua itu tak lepas dari PWS (Pemantauan Wilayah Setempat) KIA. Pendataan KIA difokuskan pada pendataan ibu hamil di masing-masing RT Desa Argorejo dan Argodadi. Ibu-ibu kader diminta untuk melakukan pendataan ibu hamil di RT-nya. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pemantauan pada ibu hamil di masing-masing dusun agar terdeteksi oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Sedayu II. Ibu Rohani juga menjelaskan bahwasanya di setiap dusun ada Gasbinsun (Petugas Binaan Dusun) yang bertugas mendampingi ibu kader dalam menggerakkan kesadaran dan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat di dusunnya. Dari setiap gasbinsun tersebut kemudian melaporkan masalah kesehatan yang ditemukannya kepada bidan desa sehingga bidan desa bersama timnya segera melakukan tindak lanjut. Selain pendataan ibu hamil, ibu Rohani juga menjelaskan mengenai pendataan imunisasi di masing-masing Posyandu.

Pada tabel pendataan imunisasi sudah terdapat nama-nama bayi dan imunisasinya, kader tinggal menambahkan bayi baru atau imunisasi yang belum lengkap. Ibu Rohani juga menginformasikan bahwasanya pada bulan November 2017 nanti akan diadakan Imunisasi DT (Difteri dan Tetanus) pada siswa kelas 1 SD dan TD (Tetanus Difteri) pada siswa kelas 2 SD. Dengan adanya pendataan ini diharapkan petugas kesehatan bersama kader mampu bersinergi dalam melakukan pemantauan wilayah setempat.

Ice Breaking diberikan oleh Petugas Promkes Puskesmas Sedayu II yaitu Saudari Wahyu Surya Rhomawati, S.Tr.Keb. Adapun backsound pengiring lagu diciptakan oleh bapak Yoyok Prasetyo, SKM.
(yoyok/natya/awa)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri #kia #kiasedayudua #kb #imunisasisedayudua #imunisasi #uci

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: