Telah dilaksanakan kegiatan Kampanye Cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai bagian dari PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dilaksanakan pada 1 November 2017 di SD N 1 sedayu.

“Ayo cuci tangan pakai sabun,
Perilaku hidup bersih dan sehat,
Kuman hilang, cegah penyakit menular.
Bantul cinta sehat, bantulku hebat
Sedayu sehat untuk Indonesia”

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu usaha untuk mencegah penyakit menular seperti diare, typus, kholera, dll. Pelaksanaan diawali dengan penjelasan singkat pelaksana Promkes, Wahyu Surya Rhomawati, STr. keb terkait CTPS merupakan bagian dari PHBS dan sebagai wujud gerakan masyarakat hidup sehat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Selanjutnya penjelasan tentang waktu kritis cuci tangan dilakukan oleh Eni S, Amd. KL sebagai petugas Kesehatan Lingkungan.

Peserta berjumlah 27 anak yang sedang menduduki kelas 3. Acara dilanjutkan dengan penjelasan teknik cuci tangan enam langkah menggunakan nyanyian. Setelah itu peserta mempraktikkan cara mencucitangan dengan sabun di luar kelas.

Peserta sangat antusias dan pihak sekolah akan mensosialisasikan dengan siswa lain. Sesuai dengan arahan programer promkes, Yoyok Prasetyo, SKM, kegiatan lintas program seperti ini akan terus dilaksanakan.(Awa)
#kes@sedayudua #promkes #promkessedayudua #puskesmas #puskesmassedayu2 #ctps #phbs #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: