Rabu, 1 Nopember 2017 telah dilaksanakan kegiatan Upaya Kesehqtan Gigi Sekolah (UKGS) di SDN 1 Sedayu oleh Tim UKGS Puskesmas Sedayu II dengan sasaran siswa SD klas 4 dan 5.

ANAK SEHAT, GENERASI KUAT

Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut.
Tim UKGS Puskesmas Sedayu II, sbb :
1. D Endang
2. Kenthutana
Kegiatan UKGS berupa :
1) PEMERIKSAAN GIGI KLAS 4 ,sbb :
1. Jumlah siswa 24 anak; L : 13 & P : 11.
2. Jumlah siswa yang diperiksa 22 anak; L 11 & P 11
3. Siswa yang ijin 2 siswa laki laki.
4. Siswa yang dirujuk 12 siswa ; L : 9 & P : 3.

2) PEMERIKSAAN GIGI KLAS 5, sbb :
1. Jumlah siswa 22 anak ; L : 13 & P : 9.
2. Jumlah siswa yang diperiksa 21 anak; L : 12 & P : 9
3. Siswa yang ijin 1 anak laki laki
4. Siswa yang dirujuk 6 anak; L : 3 & P : 3.

UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) merupakan salah satu kegiatan di luar gedung dari Upaya Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas, yang merupakan suatu komponen dari UKS dan merupakan tehnis pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi anak sekolah yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak.

Salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat adalah Usaha Kesehatan Gigi Sekolah. Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan pendidikan kesehatan gigi dan mulut yang terpadu, secara lintas program dan lintas sektoral yang ditujukan untuk masyarakat sekolah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat, terutama kesehatan gigi dan mulut.
UKGS merupakan bagian integral dari UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Tujuan UKGS adalah untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan gigi dan mulut, yang didalamnya mencakup memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta berperan aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut di sekolah, di rumah dan di lingkungan masyarakat.(YOYOK)
#kes@sedayudua #promkes #promkessedayudua #puskesmas #puskesmassedayu2 #ukgs #uks #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: