Kamis, 2 Nopember 2017 akan dilaksanakan PROGRAM INOVASI Puskesmas Sedayu II yaitu APUSE dan KAMELIA dalam rangka Revitalisasi Posyandu Balita.

Kader Giat, Ibu Bijak, Bayi Sehat, Generasi Hebat, Negara Kuat

APUSE adalah Program “AYO KE POSYANDU SEHATKAN ANAK”
Penilaian kepada Posyandu Posyandu di wilayah Puskesmas Sedayu II dengan 2 Desa , yakni Argorejo dan Argodadi dalam rangka Revitalisasi Posyandu Balita. Program ini digelar dengan menggunakan metode yang juga merupakan PROGRAM INOVASI bernama KAMELIA, “KADER KESEHATAN MELEK INTERNET ARGOREJO ARGODADI”
Program ini melibatkan keaktifan kader kader kesehatan dengan menggunakan media Group WA UPGK kader. Para ibu kader sharing/berbagi kegiatan dengan dokumen foto2 dan video ke Group WA UPGK. Salah satu manfaat dari kegiatan KAMELIA ini adalah Puskesmas selalu mendapatkan info2 kegiatan kader dan dusun berkaitan dengan aktivitas kesehatan yang dilaksanakan. Dalam hal ini kader kader kesehatan berlaku sebagai kontributor dari kegiatan kesehatan yang oleh Puskesmas diteruskan ke media media puskesmas seperti FB, Twitter dan Instagram, serta Web Puskesmas Sedayu II. Dari sini, publik secara lebih luas akan mengetahui aktivitas kader kader kesehatan Argorejo dan Argodadi yang semoga bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat luas.
KAMELIA sebenarnya kita rintis bersama sama ketika program kampanye Imunisasi MR mulai dilaksanakan di bulan Agustus 2017. Dan progressnya adalah media Puskesmas Sedayu II ramai oleh kegiatan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang kita laksanakan.
Dengan modal KAMELIA ini lah , program APUSE kami gelar dengan maksud agar kader kader sedayudua memiliki keunggulan IT dari kader kader kesehatan di wilayah lain. Dan lebih khusus lagi APUSE merupakan upaya kita bersama untuk merevitalisasi kegiatan Posyandu Balita.

Kriteria Penilaian :
UTAMA :
1. Sistem 5 Meja
Meja 1) Pendaftaran
Meja 2) Penimbangan
Meja 3) Pencatatan
Meja 4) PMT Penyuluhan
Meja 5) Pelayanan Kesehatan

2. Menu Gemilang (Gemar Makan Ikan Lengkapi Gizi Seimbang)

3. Kampanye & Statemen
“AYO KE POSYANDU SEHATKAN ANAK,
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT,
SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”…

4. Penyuluhan Kader.

5. Hasil Penimbangan, dengan Pelaporan SKDN TOB
1. S : Jumlah Balita seluruhnya : anak ; L : & P :
2. K : jumlah Balita yg punya KMS : anak ; L : & P :
3. D : Jumlah Balita yg datang & ditimbang : anak ; L : & P :
4. N : Jumlah Balita yang naik berat : anak ; L : & P : badannya
5. T : Jumlah Balita yang tetap/turun BBnya : anak ; L : & P :
6. O : Jumlah Balita yg bulan kemaren tidak datang
7. B : Jumlah Balita baru : anak ; L : & P :
8. Dengan catatan Partisipasi Masyarakat (D/S) : % .
9. Tingkat Kesehatan Balita (N/D) : % .

NILAI TAMBAHAN
1. KP IBU
2. Lansia (yoyok)
#kes@sedayudua #promkes #promkessedayudua #puskesmas #puskesmassedayu2 #apuse #kamelia #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: