Minggu, 5 November 2017 pukul 10.00 wib s/d 12.00 wib telah dilaksanakan Deklarasi Dusun Siaga Sundi Kidul Bersahabat bertempat dirumah Dukuh bapak Kusdi.

SUNDI KIDUL BERSAHABAT SAYANG KELUARGA

Dusun Siaga adalah Dusun yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah & mengatasi masalah kesehatan, bencana,& kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri.
Pada hari ini Dusun Sundi Kidul melaksanakan Deklarasi Dusun Siaga yang diberi nama SUNDI KIDUL BERSAHABAT.
Susuan acara :
1. pembukaan
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
3. Sambutan ketua panitia oleh bapak Rantoyo
4. Sambutan dukuh Sundi Kidul, bapak Kusdi. Pak Dukuh, menguncapkan banyak terima kasih karna disundi kidul sekarang sudah dideklarasikan sebagai dusun siaga, dan juga sekaligus melounching paud pkk
5. Sambutan dari kepala Desa Argorejo

6. Sambutan dari perwakilan puskesmas ibu Eni Susanti. Bu eni, sundi kidul salah satu termasuk dusun yang baru mendeklarasikan dusun suaga, dan ini salah satu bentuk kepedulian warga akan kesehatan, tentunya juga dapan bekerjasama dengan puskesmas sedayu 2 untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sundi kidul
7. Deklarasi dusun siaga Sundi Kidul Bersahabat
8. Pengukuhan Pengurus Dusun Siaga Sundi Kidul Bersahabat, & Lounching Paud PKK oleh Camat Sedayu,Drs.Fauzan Muarifin
9. Pemotongan Pita oleh bapak Camat.

10. Sambutan Bapak Fauzan mengapresiasi untuk dusun sundi kidul yang telah mendeklarasikan sebagi dusun siaga, ini sebagai langkah awal untuk sundi lebih maju lagi, dan dapat meningkatkan derajat kesehatan warga. Beliau juga menghimbau jika sekita ada masalah sekecil apapun di kawasan sedayu beliau berharap untuk selalu di beritahu, agar permasalahan yang ada segera terselesaikan, dan juga beliau berangan setelah deklarasi dusun siaga nantinya berharap ada Deklarasi dusun pesona(bocoran)
11. Penandatanganan papan deklarasi Dusun Siaga Sundi Kidul
12. Simbolik Pelaksanaan Posyandu balita & Lansia
13. Penutup dan doa
14. Rangkaian acara diakhiri dengan melaksanakan Budaya Makan Sayur dan Buah sebagai implementasi dari Gerakan Masyarakat hidup sehat (GERMAS) dengan makan pisang bersama.
Acara ini di hadiri oleh 102 tamu undangan.

Sambutan Camat Sedayu Bapak FAuzan Mu’arifin

Dusun siaga di bentuk Bersama masyarakat & KKN kesehatan Alma Ata dengan bimbingan promkes Puskesmas Sedayu 2 bapak Yoyok Prasetyo.
Dusun Siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri.
Dusun Siaga SUNDI KIDUL BERSAHABAT, memiliki makna, yaitu :
1.Budidaya Tanaman Keluarga, Toga dan Budaya makan sayur & buah.
2.Enyahkan Asap Rokok, Sampah dan BABS.
3.Rangkul Balita dan Ibu hamil ke Posyandu.
4.Sehatkan Masyarakat dengan cek kesehatan rutin.
5.Aksi Germas Muda (Masda) Sundi Kidul ; Juru Pemantau Jentik (Jumantik), Pemuda Pemantau Jentik (Pematik).
6.Hidupkan Senam Sehat
7.Atasi penyakit Tidak menular (PTM) sejak dini dengan gerakan masyarakat hidup sehat
8. Bumil dan buteki aktif di Kelompok Pendukung /KP Ibu.
9. Atasi penyakit infeksi dengan kebiasaan CTPS(Cuci Tangan Pakai Sabun)
10.Temani dan sayangi Lansia.

Dusun Siaga SUNDI KIDUL BERSAHABAT, memiliki 7 pokja , yakni :
1. POKJA PROMOSI KESEHATAN; Dusun Siaga Aktif Sundi Kidul BERSAHABAT Sayang Keluarga, UKBM,Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok (KASEBAR), Dusun PHBS, Germas Muda Sundi Kidul.
2. POKJA KESEHATAN LINGKUNGAN; Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK), Kesehatan dan Olahraga (KESORGA) dengan Senam rutin seminggu, Kawasan Bebas Sampah Plastik, Cuci Tangan Pake Sabun (CTPS), Stop BABS.
3. POKJA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT (MENULAR DAN TIDAK MENULAR); Juru Berantas Jentik (JURU BATIK), Pemuda Pemudi Berantas Jentik (PEMBATIK), Posbindu PTM.

4. POKJA GIZI, KIA & REMAJA; Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pos Pemulihan Gizi, KP IBU, KB
5. POKJA POSDUS (Pos Kesehatan Dusun); Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
6. POKJA DARURAT KESEHATAN & TANGGAP BENCANA; Pendataan Golongan Darah Warga, Jalur Evakuasi, Titik Kumpul, Ambulan Dusun, dan Masyarakat Tanggap Gawat Darurat
7. POKJA DANA USAHA & LOGISTIK; Upaya Penggalangan Dana (Pemdes, Swasta, Masyarakat), Upaya Pengembangan Usaha dan Ekonomi, Upaya Pengadaan Untuk Dusun Siaga, Analisa Kebutuhan, Fungsi kerumahtanggaan.(yoyok/hasyim)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #dusunsiagasedayudua #dusunsiaga #desasiaga #desasiagaaktif #kkn #kknsedayudua#sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: