Kamis, 9 Nopember 2017 telah dilaksanakan Pelatihan dan Refreshing Hari kedua Kader Lansia Desa Argodadi di Aula Puskesmas Sedayu II oleh Programmer Lansia bekerja sama dengan Promkes Puskesmas untuk Kader Lansia.

“HIDUP BERMARTABAT DI USIA SENJA, LANJUT USIA SEJAHTERA,
BERSAMA MEMBANGUN KEPEDULIAN TERHADAP LANJUT USIA
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT,
SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan Kader Lansia Sedayudua. Kader Lansia sebagai garda depan pelaksanaan Posyandu lansia semestinya memiliki pengetahuan dan terutama keterampilan yang mumpuni untuk berlangsungnya kegiatan Posyandu Lansia.
Pemandu acara adalah Ibu Maryani dan Wahyu Surya Rhomawati.

Agenda Kegiatan Pelatihan ini, sbb :
1. Sambutan Kepala Puskesmas Sedayu II drg.Elmi Yudihapsariyu II. Dalam sambutannya drg Elmi Yudihapsari selaku kepala puskesmas sedayu II menjelaskan bahwa target lansia yang diskrening adalah 100%. Sehingga diharapkan semua dusun nantinya akan mempunyai posyandu lansia.

2. Deklarasi Lansia Hidup Sehat dan
“HIDUP BERMARTABAT DI USIA SENJA, LANJUT USIA SEJAHTERA,
BERSAMA MEMBANGUN KEPEDULIAN TERHADAP LANJUT USIA
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT,
SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”

3. Menyanyikan Mars Lansia ‘Masa Tua Bahagia’
4. Pemberi Materi pelatihan, sbb :
1) Ibu Maryani tentang Sistem administrasi posyandu lansia dan Kesehatan Mental Emosional Lansia
2) Saudari Wahyu Rhomawati (awa) tentang Praktik pemeriksaan. Dalam kegiatan tersebut lansia dilatih melakukan pengukuran tekanan darah, menghitung IMT, mengisi dan menilai status emosional.

3) Yoyok Prasetyo Tentang Program Inovasi APUSE dan KAMELIA sebagai pendukung kegiatan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Posyandu Lansia.
Apuse adalah Program revitalisasi Posyandu dengan meningkatkan sosialisasi dan kampanye Posyandu kepada Masyarakat dengan Slogan “Ayo Ke Posyandu Sehatkan Anak”. Kader Lansia yang juga Kader Posyandu Balita bersama sama lebih menghidupkan kembali atau lebih menyemarakkan kegiatan Posyandu agar ibu ibu balita lebih giat membawa putranya ke Posyandu.

Kamelia adalah Singkatan dari Kader Kesehatan Melek Internet Argorejo Argodadi. Kader kader di Posyandu menjadi Kontributor dari sistem dokumentasi kegiatan tidak hanya di Posyandu melainkan kepada kegiatan kegiatan kesehatan yang lebih luas. Dokumentasi ini untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat umum melalui media media sosial Puskesmas Sedayu II. Bapak Yoyok berkata,”Kami ingin Kader kader kesehatan Kami lebih dikenal masyarakat umum yang lebih luas sebagai pejuang pejuang kesehatan yang sudah puluhan tahun berjuang untuk Indonesia melalui Sedayu”.
Pada Akhir Materi, bapak Yoyok meminta kerjasama para Kader untuk selalu mendokumentasikan kegiatan dan membaginya di Group WA UPGK Desa.

5. Acara ditutup dengan Deklarasi GERMAS terkait
1) Aktivitas fisik,
2) Budayakan makan buah dan sayur, serta
C) Cek kesehatan rutin
sesuai arahan programer promkes Yoyok P, SKM

 

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pengertian Kader Posyandu menurut Depkes RI (2003) merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela. Sementara  menurut WHO (1998) merupakan  laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menangani, masalah-masalah kesehatan perorangan maupun yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan.

Terdapat beberapa peran kader pada kegiatan Posyandu Lansia (Lanjut Usia), antara lain:
Melakukan kegiatan penggerakan masyarakat:
1. Mengajak usia lanjut untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan dikelompok usia lanjut
2. Memberikan penyuluhan/penyebarluasan informasi kesehatan, antara lain: cara hidup bersih dan sehat, gizi usia lanjut, kesehatan usia lanjut.
3. Menggali dan menggalang sumberdaya, termasuk pendanaan bersumber masyarakat.
1. Melaksanakan kegiatan dikelompok usia lanjut :
2. Menyiapkan tempat, alat-alat dan bahan
3. Memberikan pelayanan usia lanjut, seperti  Mengukur tinggi dan berat badan, Mencatat hasil pelayanan dalam buku register dan KMS, Memberikan penyuluhan perorangan sesuai hasil layanan, Melakukan rujukan kepada petugas kesehatan / sarana kesehatan (bila petugas kesehatan tidak hadir), Mengunjungi sasaran yang tidak hadir dikelompok usia lanjut, serta Melakukan pencatatan. (yoyok/awa)
#promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #apuse #ayokeposyandusehatkananak #kamelia #kadermelekinternet #posyandu #posyandusedayudua #lansia #posyandulansia #Pelatihankaderlansia #ayoposyandu #kemenkes #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: