Selasa, 14 November 2017 jam 11.00 – 14.00 wib telah dilaksanalan pertemuan “Peningkatan Kapasitas Bidan Desa” di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. 

Perwakilan dari Puskesmas Sedayu II adalah bidan Mangesti Handayani selaku bidan desa Argodadi dan Natya Ayu Pramudita selaku bidan desa Argorejo. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Bas, selaku ketua bidang. Dalam sambutannya Pak Bas menyampaikan bahwasanya peran Bidan Desa ke depan harus semakin ditingkatkan karena dari 12 indikator SPM, 4 indikator dari KIA. Selain itu, adanya PISPK ( Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ) di tahun 2018, peran Bidan Desa sangatlah dominan. Setelah sambutan dari Pak Bas, acara selanjutnya adalah materi mengenai parenting anak usia 0-2 tahun oleh ibu Spy Mandrasari, S.Psi, M.Psi selaku psikolog RSUD Panembahan Senopati. Ibu Spy menyampaikan tentang pola asuh anak.

Anak memerlukan figur afeksi agar merasa dicintai dan figur otoritas agar merasa aman. Dalam sesi ini, lebih banyak diskusi antara bidan dan ibu Spy. Ibu Spy menyampaikan agar kita mensyukuri jika anak kita aktif, katakan “boleh” agar ia dapat berkembang sesuai usia. Sesi selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh dr. Anugrah mengenai laporan yang harus dikerjakan oleh bidan desa di tahun 2018 mendatang. Ibu Anugrah berpesan agar bidan desa bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Sebelum melakukan pelaporan di tahun 2018, ibu Anugrah mengajak bidan desa untuk berlatih dalam membuat laporan dengan menggunakan data tahun 2017. Acara selesai pukul 14.00 dengan adanya kesepakatan akan diadakan pertemuan kembali di bulan Desember mendatang.
(Natya)
#kes@sedayudua #promkes #promkessedayudua #kemenkesri #bidan #bidandesa #dinkesbantul #puskesmas #puskesmassedayu2 #kesehatanibu #kesehatanibudananak

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: