Kamis 16 November 2017 jam 14.00 wib telah dilaksanakan kegiatan Posbindu Matahari Dusun Polaman bertempat di Pendopo Rumah Dukuh Polaman bapak Suparjo,SPd dengan jumlah 25 peserta oleh Tim dari Puskesmas Sedayu II
Pos Pembinaan Terpadu atau disingkat POSBINDU (menurut kemenkes) merupakan sebagai UKBM, Upaha Kesehatan Bersumber daya Masyarakat. adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.
Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM,seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan Diabetes mellitus, agar terdeteksi dengan awal dan dapat di cegah dengan cara pola hidup sehat. Sasaran utama kegiatan adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Posbindu adalah suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).
Pemeriksaan penyakit tidak menular meliputi pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, dan lingkar perut, dan pemeriksaan lab yaitu pemeriksaan gula darah sewaktu yang di lakukan oleh pihak puskesmas Sedayu ll.
Tim Posbindu Puskesmas ;
1. dr.Kriessita Andiyani,
2. Puspita Yuwono
3. Margirini.
4. Wahyu Surya Rhomawati
Dengan dibantu oleh Mahasiswa KKN Kesehatan Profesi Ners Univ.Alma Ata.

Adapun Kegiatan acara ini antara lain:
1. Pendaftaran
2. Pengisian kartu periksa.
3. Penimbangan berat badan.
4. Pengukuran tinggi badan.
5. Pengukuran lingkar perut.
6. Pengecekan tekanan darah
7. Pengecekan gula darah
8. Konsultasi kesehatan ( kegiatan promkes)
9. Arisan ibu-ibu PKK
Acara ini di hadiri 24 orang, diantaranya 8 orang terindentifikasi mempunyai hypertensi, dan 2 orang mempunyai gula darah di atas batas normal.(yoyok/ika)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #ptm #posbinduptm #kemenkes #kemenkesri

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: