Selasa 21 November Nutrisionis puskesmas Sedayu 2 memberikan pelayanan konseling gizi bagi 2 calon pengantin.

Pelayanan ini adalah salah satu dari beberapa pelayanan terpadu catin yang mendukung untuk peningkatan kualitas ibu sehat akan lahir bayi dan generasi yg sehat. Selain itu, pelayanan konseling gizi ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan catin tentang gizi sehingga trwujud keluarga sadar gizi.
Peningkatan pengetahuan sangat penting karena dari calon pengantin inilah akan dimulai keluarga baru yang membutuhkan manajemen gizi yg bagus agar tercukupi kebutuhan gizi keluarga. Pelayanan yg diberikan adalah pengukuran antropometri sehingga calon pengantin khususnya catin wanita diketahui status gizinya utk mnjadi dasar konseling selanjutnya. Selain pengukuran antropometri,dikaji juga data biokimia kadar Hb,data klinis, riwayat dan kebiasaan makan dengan FFQ atau Food Recall dan riwayat keluarga dan aktifitas sehari hari. Beberapa materi konseling adalah gizi seimbang,piring makanku dan porsi makan,10 pesan dasar gizi seimbang, makanan untuk mencegah PTM,anemia dan asi eksklusif.
Ketika seorang catin utamanya catin wanita diketahui mengalami mslnutrisi seperti calon pengantin yang mengalami overweight maka masih lebih awal untuk berusaha merubah perilaku gizi yg baik sampai dengan berkeluarga dan hamil dengan mengatur pola makan dengan teratur jadwal makan dan mengikuti sesuai standar diet.
Ibu Nanik Tejowati juga menghimbau kepada calon pengantin untuk menebar benih ikan di sungai di wilayah Sedayu, sejalan dengan Surat Edaran Camat Sedayu tentang himbauan menebar benih ikan di sungai bagi pasangan pengantin baru agar ikut melestarikan keberlangsungan vegetasi dan ekosistim sungai.(nanik)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #catin #konselinggizi #kia #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: