Pertemuan rutin Kader UPGK Desa Argodadi bulan Oktober dilaksanakan pada Rabu, 22 Nopember 2017 di Aula Desa Argodadi Sedayu Bantul oleh pengurus Kader Desa dengan peserta kader tiap Dusun.

Kegiatan pertemuan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Kader Dusun secara bergiliran menjadi penyelenggara pertemuan. Pada hari ini tiba giliran Kader Posyandu Manggis Dusun Bakal Pokok Argodadi.
Acara ini didukung oleh Desa Argodadi dan Puskesmas Sedayu II. Pada hari ini  acara dihadiri oleh 55 kader Kesehatan dari setiap Dusun se Argodadi..
Pembina yang hadir adalah Ibu Daryati (PLKB), dan tim dari puskesmas Sedayu II Yoyok Prasetyo, Nanik Tejowati, STr. Gizi; Mangesti Handayani. dan 3 Mahasiswa Coass UMY.

Acara dibuka oleh pembawa acara ibu kader dari Dusun Bakal Pokok dengan memimpin Doa bersama agar acara berjalan dengan lancar.
sambutan pertama oleh Ketua Kader UPGK Desa Argodadi Ibu Haryanti. Sambutan kedua oleh Kasie Pelayanan bapak Legiman.
Selanjutnya adalah Materi Pembinaan dari Puskesmas sedayu II dan PLKB Kecamatan Sedayu.

Materi pertama Penyuluhan dari tiga mahasiswa Coass UMY.
Depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri.

Bidan Desa Argodadi Ibu Mangesti memberikan pembinaan :
1. Ada undangan buat kader perwakilan desa buat tgl 28 Nopember 2017 di Aula Medika Dinkes jam 09.00 acara Evaluasi Bedah Buku KIA.
2. Pendataan bumil, Imunisasi, PUS
3. Pendataan WUS dengan Torch
Dusun yang sudah mengumpulkan : Cawan, Bakal pokok, Demangan, Sungapan dukuh, Kadibeso, Brongkol, Bakal dukuh, Sukoharjo, Sumberan, Dumpuh, Dingkikan, Ngepek.

Bapak Yoyok memberikan review tentang program APUSE dan KAMELIA serta pengumuman hasil rekap Posyandu.
APUSE adalah kependekan dari “Ayo ke Posyandu Sehatkan Anak”. Program ini untuk mendukung Revitalisasi Posyandu Balita, agar Balita lebih banyak datang ke Posyandu. Dan bulan Nopember ini merupakan Bulan Penimbangan, dimana diharapkan Partisipasi Masyarakat (D/S) lebih meningkat.
KAMELIA Adalah Kader kesehatan melek internet Argodadi Argorejo. Dengan adanya kader kader sebagai kontributor dalam pendokumentasian kegiatan kesehatan di wilayahnya masing masing, maka posyandu balita bisa didokumentasikan dengan baik. Kader bisa melakukan rekam kegiatan di posyandu. Kemudian dikirimkan lewat media yang ada untuk diteruakan kepada petugas Puskesmas.

Tim Desa Siaga(Nanik Tejowati, Mangesti Handayani, Natya Ayu Pramudita dan Wahyu Surya Rhomawati) dengan program KAMELIA dan Sistem Straight News, Screening (pelaporan saat itu juga setelah kegiatan dilaksanakan) menentukan Posyandu Rambutan Demangan yang mencapai nilai tertinggi dengan D/S 100% dan N/D 66,67% . Dan Posyandu DELIMA Ngepek Argodadi dengan kelengkapan Data KAMELIA paling lengkap. Karena ada 3 posyandu maka kami pilih yang D/S tertinggi.

programmer Gizi Puskesmas Sedayu II ibu Nanik Tejowati memaparkan hasil cakupan D/S di bulan penimbangan balita Nopember.
Pembinaan dipuncaki oleh ibu Daryati , PLKB desa Argodadi.
acara berakhir pada pukul 12.10 wib.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #posyandu #pospelayananterpadu #ukbm #apuse #ayokeposyandusehatkananak #upgk #pertemuanupgkdesa #pembinaankader #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: